Produk Unggulan Kripik Gadung Desa Karangbendo Ponggok Merupakan Ikon Potensi Desa

0
329
Foto : Produk Unggulan Kripik Gadung Desa Karangbendo Ponggok Merupakan Ikon Potensi Desa

Blitar, NAWACITAPOST – Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok, Blitar memaksimalkan peningkatan produk unggulan yang ada di desa. Agar terwujud perkembangan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Sehingga terus memberdayakan masyarakat utamanya Desa Karangbendo. Keunggulan produk Desa Karangbendo adalah kripik gadung. Merupakan ikon potensi desa.

Foto : Produk Unggulan Kripik Gadung Desa Karangbendo Ponggok Merupakan Ikon Potensi Desa

Dalam meningkatkan kualitas masyarakat, pemerintah Desa Karangbendo terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat melalui beberapa program. Hal ini dianggap penting karena dapat meningkatkan mutu hidup masyarakat di berbagai bidang. Seperti salah satunya adalah bidang ekonomi. Saat diwawancarai, Kepala Desa Karangbendo Khoirul Anam mengatakan pada 30/11/2020. Potensi atau produk unggulan di Desa Karangbendo sangat bagus.

BACA JUGA: Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Dicopot, Korban Ulah Gubernur Anies dan Habib Rizieq Shihab?

Desa Karangbendo ada beberapa potensi industri dan produk unggulan. Misalnya Krupuk Gadung ada di Dusun Tegalrejo. Gula kelapa ada di Dusun Karangbendo Krajan dan Dusun Sumberjo, Kecap Sakinah ada di Karangbendo dan sebagainya. Untuk produk unggulan di Desa Karangbendo adalah kripik gadung yang dimana menjadi Ikon Desa. Dimana produk unggulan Kripik Gadung ada di Dusun Tegalrejo merupakan Sentra Industri Kripik Gadung.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab Terancam Ditetapkan Tersangka, Gubernur Anies Menyusul?

Sedangkan untuk krupuk gadung sendiri masih musiman. Pengrajin banyak menjual bahan krupuk mentah saja. Untuk bahan bakunya gadung banyak diambil dari luar Blitar dan Jawa Tengah. Yang mana untuk mencukupi permintaan pasar yang semakin banyak.  Banyak yang mengambil krupuk gadung mentah untuk diolah sendiri. Biasanya yang mengambil dari wilayah Blitar, Kediri, Mojokerto dan Sidoarjo.

BACA JUGA: Artis Wanita Huru Hara Nikita Mirzani Sebut Video Wik Wik Benar Gisella Anastasia?

Dengan adanya produk unggulan, desa mampu menimbulkan potensi peningkatan ekonomi masyarakat Desa Karangbendo. “Kedepan kita akan meminta pendampingan kepada dinas terkait untuk pembinaan dan pendampingan terkait cara mengolah, pengemasan dan cara memasarkan produk unggulan di Desa Karangbendo. Diharapkan bila manajemenya sudah bagus, minimal perekonomian masyarakat Desa Karangbendo menjadi meningkat, ” tandas Choirul Anam.

BACA JUGA: Artis Huru Hara Nikita Mirzani Sakit, Habib Rizieq Shihab Antar Obat?

“Produk unggulan kripik gadung Dusun Tegalrejo merupakan Sentra Industri Kripik Gadung yang menjadi ikon potensi di Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok sangat bagus. Pengelolaan Kripik Gadung di Desa Karangbendo juga memberdayakan masyarakat yang tinggal di Dusun Tegalrejo. Hampir 80% warga masyarakat ikut mengelola kripik gadung. Sehingga mampu mengangkat ekonomi masyarakat dan juga bisa menyerap tenaga kerja mampu mengurangi pengangguran di desa ini,” kata Subandi.

BACA JUGA: Gisella Anastasia bersama Prianya Bakal Ditetapkan Tersangka?

Lebih lanjut Subandi mengatakan. Bahan baku gadung sendiri banyak didatangkan dari Malang, Ngawi dan Blora, Jawa Tengah untuk mencukupi permintaan pasaran. Pada tahun lalu permintaan kripik gadung mentahan cukup tinggi. Permintaan kripik gadung di bulan Ramadhan dan Lebaran perhari 2 ton. Permintaan kripik gadung dipasarkan ke wilayah Jawa Timur seperti Jombang, Mojokerto, Surabaya, Banyuwangi, Malang, Kediri hingga keluar pulau.

BACA JUGA: Artis Huru Hara Nikita Mirzani Terancam Dipenjara?

“Pada masa pandemi Covid 19 ini pemasaran sangat berkurang dan tersendat. Dikarenakan adanya penutupan untuk masuk ke setiap daerah. Sebelum pandemi pemasaran kripik gadung dalam 1 hari mencapai 2 ton. Pemasaran kripik gadung mentah tidak di Pulau Jawa saja, tetapi hingga keluar pulau,” jelas Subandi.

Foto : Produk Unggulan Kripik Gadung Desa Karangbendo Ponggok Merupakan Ikon Potensi Desa

“Harapannya kedepan pemerintah memberikan modal usaha bagi pelaku usaha yang ada. Agar peningkatkan produksi kripik gadung dapat mengangkat perekonomian masyarakat desa Karangbendo. Semoga cepat berakhirnya masa pandemi ini. Sehingga perekonomian masyarakat kembali seperti semula,” pungkas Subandi. (adv/kmf/fm)

BACA JUGA: Edhy Prabowo OTT, Susi Pudjiastuti Bakal Jabat Menteri KKP Lagi?