Sumber Wisata Mata Air Desa Sidorejo Jadi Destinasi Wisata Kabupaten Blitar

0
150
Foto : Sumber Wisata Mata Air Desa Sidorejo Jadi Destinasi Wisata Kabupaten Blitar

Blitar, NAWACITAPOST – Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar memaksimalkan peningkatan produk unggulan dan potensi wisata yang ada di desa. Agar terwujud perkembangan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terus memberdayakan masyarakat Desa Sidorejo. Produk keunggulan dan potensi wisata Desa Sidorejo ada beragam. Adalah buah nanas, gula kelapa, kripik gadung dan wisata Sidorejo. Dalam meningkatkan kualitas masyarakat, pemerintah Desa Sidorejo terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat melalui beberapa program. Hal ini dianggap penting karena dapat meningkatkan mutu hidup masyarakat di berbagai bidang. Seperti salah satunya adalah bidang ekonomi dan pariwisata.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab Keberatan Test Covid 19, Positif Terpapar?

Saat diwawancarai awak media Suwito mengatakan. Bahwa di Desa Sidorejo hampir masyarakatnya petani buah nanas, ada juga pengrajin gula kelapa dan sebagian pembuat Kripik Gadung di Dusun Selorejo. Permintaan buah nanas Desa Sidorejo Kabupaten Blitar pemasarannya sudah masuk ke wilayah Jakarta, Jawa Tengah, Surabaya hingga Bali. “Dimana pada masa pandemi ini permintaan berkurang. Dikarenakan adanya penutupan jalur pengiriman ke setiap daerah. Sehingga permintaan sangat berkurang. Berharap masa pendemi berakhir dan pertumbuhan perekonomian dapat berjalan normal kembali,” jelasnya.

BACA JUGA: Artis Wanita Huru Hara Nikita Mirzani Sebut Video Wik Wik Benar Gisella Anastasia?

Menurut Sukamto, Kepala Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok mengatakan. Bahwa di desanya ada beberapa produk unggulan desa seperti buah nanas, gula kelapa dan kripik gadung. Buah nanas sendiri ada yang dipasarkan hingga Jakarta, Jawa Tengah, Surabaya hingga Pulau Bali. “Adapun pengelolahan buah nanas menjadi minuman sari buah nanas. Dimana desa Sidorejo hampir 90% penduduknya petani dan mempunyai lahan untuk menanam buah nanas. Jadi bahan baku minuman sari buah nanas dapat diambil dari petani yang ada di desa,” katanya.

BACA JUGA: Artis Huru Hara Nikita Mirzani Terancam Dipenjara?

Pemerintah Desa Sidorejo akan mengembangkan Wisata Alam Sumber Sidorejo. Lahan yang luasnya hampir 8 hektar, punya pesona wisata alam yang sangat bagus. Lalu juga bisa menjadi wisata air. Pihaknya sekarang berusaha berkoordinasi dengan pihak provinsi Jawa Timur. Agar pengelolaan Sumber Wisata Alam Sidorejo ini dikelola oleh Desa Sidorejo sendiri. Pembangunan Wisata di Desa Sidorejo merupakan insiatif masyarakat. Karena mereka ingin harus mengetahui dengan jelas program – program yang akan dicanangkan maupun perencanaan oleh pihak Desa.

Foto : Sumber Wisata Mata Air Desa Sidorejo Jadi Destinasi Wisata Kabupaten Blitar

“Agar supaya jelas seperti apa pengelolaan Sumber Wisata Alam, supaya jangan sampai merusak lingkungan, dengan ini perlu adanya kajian. Setelah diketahui hasilnya, kemungkinan baru melaksanakan konsep Wisatanya. Pihak provinsi sudah menyetujui untuk mengelola sumber ini dan izin sudah turun. Nantinya semua pengelolaanya akan diberikan kepada Badan Usaha Milik Desa,” pungkas Sukamto.

BACA JUGA: Edhy Prabowo OTT, Susi Pudjiastuti Bakal Jabat Menteri KKP Lagi?

Direncanakan Wisata Sumber Sidorejo Kecamatan Ponggok akan menjadi tempat tujuan destinasi wisata yang alami dan menyegarkan. “Maka harus ada kesiapan untuk menjaga lingkungan agar terlihat asri, indah dan nyaman. Saya berharap nantinya dengan digarapnya sumber mata air yang dikonsep menjadi wisata alam bisa menambah peningkatan pendapatan asli desa. Disamping itu, bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian warga sekitar, ” pungkas Sukamto. (adv/kmf/fm)

BACA JUGA: Artis Huru Hara Nikita Mirzani Sakit, Habib Rizieq Shihab Antar Obat?