Habib Rizieq Shihab Bukan Keturunan Nabi? Ini Faktanya

0
572
Foto : Habib Rizieq Shihab dan Habib Luhtfi

Jakarta, NAWACITAPOST – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) disebut – sebut sebagai keturunan Nabi atau Rasulullah Muhammad SAW. Hal itu diketahui berdasarkan silsilah Rizieq yang tersambung ke Fatimah Az Zahra, putri Rasulullah. Dengan demikian, dia merupakan generasi ke 39 dari Nabi Muhammad SAW. Jika dirunut sampai ke Fatimah Az-Zahra, Habib Rizieq merupakan keturunan ke 38. Namun kabar beredar pula bahwasanya hoax HRS Keturunan Nabi.

Foto : Habib Rizieq Shihab dan para pendukungnya

Namun, hal itu dibantah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Isu mengenai HRS keturunan Rasulullah sudah ada sejak 2018 dan dibantah oleh Kemenkominfo pada 2019. Hal itu ditegaskan melalui berita yang ditayangkan di situs Web Kemenkominfo pada 1 April 2019, kabar mengenai Kerajaan Arab Saudi yang menetapkan HRS sebagai keturunan ke 38 Rasulullah adalah hoax alias berita bohong. “Telah beredar isu di media sosial yang memberikan informasi mengenai pernyataan yang menyebutkan Kerajaan Arab Saudi menetapkan Habib Rizieq sebagai keturunan ke-38 Rasulullah”.

Foto : Ilustrasi

Dalam isu tersebut disebutkan juga bahwa beliau mendapatkan seluruh fasilitas kebutuhan kehidupan dunia untuk dipergunakan sepuasnya dan dilayani oleh Kerajaan Arab Saudi. Termasuk dia boleh tinggal di Saudi sesuka keinginannya. Setelah ditelusuri, isu tersebut adalah tidak benar. Berita tersebut awalnya diposting oleh dakwahmedia.co pada 21 Januari 2018 dan telah banyak disebarkan oleh netizen pada laman media sosialnya. Namun pada 26 Januari 2018, situs dakwamedia.co melakukan permintaan maaf.

BACA JUGA: Juliari P. Batubara Berprestasi Kala Besar, Kecilnya Nakal

Pemintaan maaf dilakukan karena berita tentang Kerajaan Arab Saudi menetapkan HRS sebagai keturunan ke 38 Rasulullah adalah hoax. “Kami redaksi Dakwah Media meminta maaf atas posting kami yang terindikasi berita palsu”. Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa isu terkait Kerajaan Arab Saudi menetapkan HRS sebagai keturunan ke 38 Rasulullah adalah Hoax. Kabar HRS yang sempat dikatakan hoax kembali mencuat di tahun 2020.

Foto : Cuitan Dewi Tanjung

Politisi PDI Perjuangan Dewi Tanjung mengaku heran. Lantaran banyak pihak yang memuja Petinggi FPI HRS. Padahal, menurutnya, HRS bukan Nabi Muhammad atau Rasul. Dia menilai HRS dipuja secara berlebihan. Bahkan, dia mengaku tidak percaya dengan status HRS yang merupakan keturunan Nabi Muhammad. “Kadrun terlalu memuja dan menyembah Habib Rizieq Shihab, sedangkan si Rizieq ini hanya manusia biasa, bukan wali atau rasul,” cuitnya dalam akun sosial medianya pada (3/11/2020).

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

“Saya juga enggak percaya Rizieq ini masih keturunan Nabi Muhammad SAW, karena anak laki-laki keturunan Rasulullah sudah meninggal dunia. Jadi, Rizieq ini keturunan siapa? Saya enggak yakin Rizieq Shihab itu masuk surga, karena mulutnya suka menghina dan menebarkan kebencian. Sedangkan dalam ajaran Islam kita tidak boleh saling menyakiti dan bermusuhan. Alangkah bagusnya poster Rizieq Shihab diganti dengan poster Wali Songo. Jauh lebih adem melihat wajah para wali yang selalu mengajarkan kebaikan dan kedamaian. Para wali tidak pernah mengajarkan pengikutnya berdemo sampai berjilid-jilid dan mengkafirkan orang lain,” sambung Dewi.

Foto : Habib Rizieq Shihab

Lebih lanjut Dewi mengatakan. “Ternyata kadrun kelojotan saya bilang Habib Rizieq itu hanya manusia biasa, bukan wali atau rasul. Lalu mereka bilang saya antiulama dan komunis. Tumben, biasanya teriak kafir? Saya punya ulama yang sangat saya hormati, yaitu ulama NU yang selalu membuat adem suasana hati,” tandas Dewi. Belum usai pernyataan Dewi, muncul lagi pernyataan dari lainnya. Salah satunya budayawan Emha Ainun Nadjib. Pria yang akrab disapa Cak Nun ini mengatakan. Istilah gelar habib yang disandang Rizieq Shihab tidaklah tepat.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab dan Pendukungnya, Islamnya Bar Bar Dikecam Netizen?

“Padahal yang mimpin 212 dan 411, siapa? Habib Rizieq, padahal dia itu bukan habib, dia itu ‘Syarif’ Rizieq. Kalau yang habib dari dzazirah Arab itu adalah orang-orang dari Yaman dan negara-negara pinggiran yang datang ke Makkah atau Madinah untuk mencari Rasulullah karena mereka sangat kagum dan sangat mencintai rasulullah. Mereka disebut Habib karena mereka seorang yang cinta kepada Rasulullah, nah itu habib yang dari sana,” kata Cak Nun pada (13/11/2020).

Foto : Cak Nun dan Habib Rizieq Shihab

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pencatatan Nasab Makhtab Addaimi, Rabithah Alawiyah, menegaskan. HRS benar – benar masih keturunan Nabi Muhammad SAW dengan menunjukan silsilah Rizieq berdasarkan pada sebuah berkas pencatatan. Dia pun berkata. Berdasarkan garis keturunan, memang benar Rizieq merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Foto : Poster Habib Rizieq Shihab

Menurutnya, hanya orang – orang yang tidak mengetahui riwayat itulah yang meragukan garis keturunan Rizieq. “Iya benar, yang ragu yang tidak tahu,” kata Ahmad pada 13 November 2020. Adapun kata Ahmad melalui dokumen yang dia berikan, silsilah nasab Rizieq diambil dari “Syajarah Assabah Al Asyraf Alalawiyyin” Juz 2, Halaman 236.

BACA JUGA: Kasus Bermunculan, Selangkah Lagi Habib Rizieq Tersangka Lagi?

Senada dengan Ahmad, Politikus Golkar Nusron Wahid, meminta Juru Bicara PA 212, Haikal Hasan, untuk tidak terprovokasi oleh kelompok atau orang yang mendorong terjadinya disintegrasi bangsa atau perpecahan. “Saya mengatakan saya senang pendapat beliau (Babe Haikal), hampir semua habaib mayoritas di Indonesia ini pengikut ahlussunnah wal jamaah. Dan fikihnya ahlussunnah wal jamaah itu haram melakukan pemberontakan, haram ikut terlibat menurunkan kekuasaan pemerintahan yang sah,” katanya pada 17 November 2020.

Foto : Baliho Habib Rizieq Shihab

Namun Nusron kembali melanjutkan pernyataannya. “Habib Rizieq Shihab adalah keturunan Rasulullah SAW, clear! Saya menghormati dan mengagungkan habaib. Karena saya santri, dididik oleh kiai saya dan orang tua saya seperti itu. Tetapi saya adalah salah satu orang, mungkin juga yang lain yang sering berbeda pendapat dengan beliau Habib Rizieq. Tetapi dalam berbagai pilihan politik maupun strategi dakwah. Dalam pilihan politik, kami berbeda pendapat dalam Pilkada DKI maupun Pilpres 2019 kemarin,” katanya.

BACA JUGA: Viral Berita Kasus Korupsi Masa Bupati Idealisman Dachi

“Beliau tidak mau memilih Ahok. Saya menjadi timnya Ahok. Beliau pendukung 02, saya pendukung 01. Tetapi pilihan itu tetap tidak mengurangi rasa hormat saya kepada habaibnya. Karena bagi saya menghormati orang itu tidak harus mengikuti. Menghormati itu jauh lebih baik,” tutur Nusron. Sebelumnya dia mengatakan marga Shihab keturunan dari Alawiyyin oleh Imam Alwi. Berikut silsilah atau nasab Rizieq Shihab yang tercatat dalam detail personel Makhtab Addaimi yang diterbitkan 8 September 2003 dengan nomor ID nasab 19176.

Foto : Nusron Wahid

Fatimah Az Zahra AS binti Muhammad SAW. Al Husein AS bin Fatimah. Ali Zainal Abidin AS bin Al Husein AS. Muhammad al-Baqir AS bin Ali Zainal Abidin AS. Jafar Ash Shadiq AS bin Muhammad Al Baqir. Ali Uraidhy bin Jafar. Muhammad an Nagieb. Isa Arrumi. Ahmad Almuhajir. Ubaidillah. Alwi Alawiyyin. Muhammad bin Alwi. Alwi bin Muhammad. Ali Muhammad (Shohib Marbath). Ali bin Muhammad. Muhammad (Al Faqih Al Muqoddam).

Foto : Habib Rizieq Shihab, Donald Trump dan Presiden Jokowi

Alwi (Al Ghayyur). Ali bin Alwi.Muhammad (Al Mauladawilah) (khali’ qasam). Abdurrahman (Assegaf). Syaikh Abubakar (Assakran). Ali (Shohib Al Wirid Al Al Sakran). Abdurrahman bin Ali. Syahabudin (Al Akbar). Abdurrahman (Al Qhodi) (2/190). Syahabudin (Al Asghor) (2/212). Muhammad (2/212) bin Syahabudin. Ali bin Muhammad. Muhammad bin Ali (2/221). Syaich bin Muhammad. Muhammad bin Syaich. Husein bin Muhammad. Abdullah bin Muhammad. Husein bin Abdullah. Muhammad bin Abdullah. Husein bin Muhammad. Muhammad Rizieq. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Lonte Lebih Mulia Ketimbang Habib Rizieq Shihab?