Kuliah Ikatan Kedinasan Poltekip Poltekim Kemenkumham Sudah Dibuka, Ayo Daftar!

12
3784
Foto : Poltekip Poltekim Kemenkumham

Jakarta, NAWACITAPOST – Penerimaan Praja Catar (Calon Taruna atau Taruni) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sudah dibuka. Penerimaan akan ditujukan untuk Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) dan Poltekim (Politeknik Ilmu Imigrasi). Sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian PANRB, melalui Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo mengumumkan. Surat dikeluarkan bernomor B/304/M.SM.01.00/2020 teranggal 16 Maret 2020. Berisi tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Poltekip dan Poltekim tahun anggaran 2020. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengundang putra dan putri terbaik lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Sederajat (SLTA) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemenkumham. Kuota Formasi untuk Sekolah Kedinasan Kemenkumham sebanyak 600 Taruna atau Taruni.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Foto : Menkumham Yasonna bersama jajaran Kemenkumham

Ada beberapa kriteria formasi dibutuhkan. Yaitu umum, putra putri Papua dan atau Papua Barat, pegawai dan pegawai putra putri papua dan atau Papua Barat. Formasi Umum merupakan pelamar lulusan SLTA Sederajat. Tentu saja yang memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman. Formasi putra putri Papua dan atau Papua Barat merupakan pelamar lulusan SLTA Sederajat keturunan Papua dan atau Papua Barat. Dilihat berdasarkan garis keturunan orang tua (salah satu atau kedua orang tua) asli Papua dan atau Papua Barat. Dibuktikan dengan KTP Bapak atau Ibu kandung dan Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir yang bersangkutan. Diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah atau Kepala Suku. Formasi Pegawai merupakan pelamar yang telah diangkat sebagai PNS Kemenkumham. Memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman. Formasi Pegawai putra putri Papua dan atau Papua Barat merupakan pelamar keturunan asli putra putri Papua dan atau Papua Barat yang telah diangkat sebagai PNS Kemenkumham. Memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman.

BACA JUGA: Kuliah Ikatan Kedinasan Poltekip Poltekim Kemenkumham Segera Dibuka, Buruan Persiapkan Diri dan Daftar!

Foto : Catar Poltekip dan Poltekim Kemenkumham

Seleksi Penerimaan Calon Praja Catar Kemenkumham 2020 merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang terbuka untuk umum. Menjadi kebanggaan jika bisa masuk kuliah di Catar Kemenkumham. Otomatis akan menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Pelaksanaan Catar Kemenkumham ada dua cara. Yaitu jalur khusus dan online.

BACA JUGA: Yasonna, Wajah Nias Batak, Ayahnya Pernah Dagang Minyak Goreng

Foto : Poltekip Poltekim Kemenkumham

Jalur khusus melibatkan sinergi sekolah – sekolah. Sekolah diberikan jatah undangan untuk pendaftaran. Sebelumnya akan diberikan sosialisasi terlebih dahulu. Sementara untuk jalur online adalah jalur prioritas utama. Catar Kemenkumham akan dijamin dengan jaminan kedinasan, beasiswa full dan kuliah gratis. Kesemua bisa diikuti secara umum dan diangkat jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Tahapannya ada beberapa seleksi. Diantaranya administrasi, kompetensi dasar, lanjutan, kesehatan, kesamaptaan, tulis psikotest, wawancara psikotest, wawancara, pengamatan fisik dan keterampilan.

BACA JUGA: 67 Tahun Yasonna Laoly : Bermakna, Berkesan dan Berpesan bagi Semua. Berikut Testimoni Para Tokoh !

Foto : Menkumham Yasonna bersama jajaran Kemenkumham

Sedangkan untuk dokumen yang diperlukan ada beberapa yang harus dipersiapkan. Yaitu surat lamaran bermaterai Rp 6.000, E-KTP atau Surat Keterangan telah melakukan perekaman EKTP, Ijazah asli, SKCK dari Polsek atau Polres atau Polwiltabes atau Polda asli, Akta Lahir atau Surat Keterangan Lahir asli, Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Rumah Sakit (RS) Pemerintah atau TNI Polri asli, Surat Keterangan Belum Menikah dari Lurah atau Kepala Desa asli, Surat Pernyataan 6 poin, Pas Foto Berlatar Belakang Merah (Poltekip) dan Biru (Poltekim) serta khusus pelamar lulusan tahun 2019, Ijazah bisa digantikan dengan Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional.

BACA JUGA: Yasonna Lantik Dirjen dan Irjen Beserta Jabatan Lain Kemenkumham

Foto : Jadwal Seleksi

Pelamar umum wajib melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://dikdin.bkn.go.id. Mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dimulai tanggal 8 hingga 23 Juni 2020. Khusus bagi pelamar formasi Pegawai dan Pegawai Putra Putri Papua dan atau Papua Barat melakukan pendaftaran, unggah berkas lamaran dan cetak tanda bukti pendaftaran secara online. Dimulai tanggal 8 hingga 23 Juni 2020 pada portal http://catar.kemenkumham.go.id.

BACA JUGA: Artis Cilik Indonesia Bersuara Khas, Kobarkan Segarkan Bangkitkan Tagline Nias Pulau Impian

Foto : Poltekip Poltekim Kemenkumham

Untuk mendapatkan user name dan password pendaftaran secara online, bisa membuka melakukan pendaftaran dan unggah dokumen di https://sscasn.bkn.go.id/.  Informasi lebih lanjut dapat dilihat dari portal https://dikdin.bkn.go.id atau https://catar.kemenkumham.go.id atau Twitter @catarkumham atau Instagram @catar.kumham. Pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan seleksi di nomor 081292921021 (hanya menerima chat whatsapp dan SMS). (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Si Kurang Senyum Moeldoko, Tak Pernah Lipat Jari Tangan, Naik Kereta Gratis, Ditangkap Kondektur

 

 

 

 

Comments are closed.