15 Calon Pemimpin di Wilayah Kepulauan Nias Sumatera Utara Menuju 2024

2
795

Jakarta, NAWACITAPOSTOrang Nias yang terkenal pekerja keras dan bertanggung jawab membuatnya banyak melahirkan pemimpin pemimpin yang berkualitas. Bahkan beberapa ada yang sudah duduk di Senayan dan berada di kementrian seperti Yasona Laoly. Nawacitapost sudah merangkum 15 pemimpin yang berasal dari Nias.

  1. Firman Jaya Daeli

Ia merupakan seorang politikus asal Nias. Sekarang ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Pusat Studi Politik dan Keamanan Indonesia. Sepak terjangnya di dunia politik sudah tidak diragukan lagi. Ia pernah menjabat sebagai Komisi Politik dan Hukum DPR RI.

2. Christian Zebua

Ia lahir pada 24 oktober 1957. Selama 38 tahun ia mengabdi kepada TNI Angkatan darat. Sebelum pensiun, ia pernah menjabat sebagai Panglima kodam 9 Cendrawasih. Setelah pensiun, ia masuk ke partai politik asuhan Surya Paloh, yaitu Nasdem. Hingga sekarang, ia sepenuhnya mengabadikan diri untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Pulau Nias dengan menjadi Ketua umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

3. Agustus Gea

Politisi demokrat ini juga merupakan putra Nias. Pria yang berkuliah dijurusan hukum ini pernah mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI dapil 2 Sumatera Utara. Selain itu, ia juga berkiprah di organisasi dan berprofesi pengacara. Agustus Gea juga pernah menjabat sebagai ketua umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia yang ke 3. Pada kegiatan religinya, ia pernah menjadi anggota badan pekerja majelis sinode BNKP.

Baca juga: Marinus Gea Persiapkan Kader Terbaik Kepala Daerah di Kepulauan Nias 2024 

4. Disiplin F Manao

Ia lahir di Asahan pada 12 Juli 1961. Sekarang ia menjabat sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta. Sebelumnya, ia pernah merasakan profesi sebagai reporter. Tepatnya saat menjadi mahasiswa baru di Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya. Dia juga merupakan Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Forum Nias Selatan ketika akan diadakan musyawarah nasional ke 3, sampai sekarang.

5. Yaatulo Gulo

Ia merupakan salah satu orang Nias yang sukses menjadi konsultan keuangan di perusahaan asing. Ketika menjadi politisi. Selain itu ia juga menjabat di DPP HIMNI sebagai ketua OKK. Saat mencalonkan Bupati Nias pada pilkada 2020, ia berhasil terpilih.

6. Mardin Zendrato

Sebagai orang Nias. Pria lima anak ini merupakan jebolan Teknik Sipil Universitas Krisnadwipaya, Jakarta. Selain sebagai Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nias Indonesia (Gapnindo), Mardin juga sekretaris umum Gapeksindo DKI Jakarta selama 4 periode. Tak hanya itu, Mardin juga menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola dan Pemeliharaan (Bapepar) Aset BNKP Resort 45 selama dua periode. Dibidang bisnis, ia menduduki jabatan direktur utama PT Lira Permata Cibubur, yang bergerak dibidang konstruksi. Mardin juga berkecimpung sebagai penasehat Himpunan Masyarakat Nias Utara (Himanira) dan masih banyak ormas lainnya. Ia pernah menjabat jadi ketua DPD Himni DKI Jakarta.

Baca juga: Sambut Gagasan Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, Mardin Zendrato : Calon Kepala Daerah Kepulauan Nias di Pilkada Serentak 2024, Mereka yang Sudah Mapan

7. Yosafati Hulu

Ia merupakan orang yang bisa dibilang menduniakan Nias. Alumnus jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (1989) dan Magister Manajemen Prasetya Mulya (1998) ini membuat website yaitu Niasisland.com untuk memperkenalkan Pulau Nias sekaligus sarana komunikasi antara warga Nias di dalam pulau dengan mereka yang tinggal di luar pulau.

8. Sorni Paskah Daeli

Ia saat ini menajabat sebagai anggota Badan Penelitian dan Pengembangan HIMNI. Ia sering menjadi narasumber dalam acara diskusi dan seminar tingkat daerah, dan nasional. Lalu saat ini ia juga menjadi ketua umum Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Lahomi. Sorni juga menjabat di kemenko PMK sebagai kepala biro.

9. Beesokhi Ndruru

Putra Nias yang biasa disapa K Bee ini merupakan ketua umum Ono ndruru. Dia juga dikenal sebagai sekjend Forum Nias Selatan atau FORNISEL sekaligus pemerhati Kepulauan Nias. Beesokhi juga terkenal sangat memerangi narkoba di daerah Nias Selatan. K Bee juga menjadi pembina di Yayasan Nias yang dikenal dengan kegiatan bansos. Ia juga menjadi CEO Yessindo. sekarang ia menjabat wakil sekjen di DPP Himni

10. Idealisman Dachi

Ia merupakan mantan Bupati Nias Selatan, Sumatera Utara. Saat ia menjabat sebagai bupati, ia membuat gebrakan program yang menguntungkan masyarakat menengah ke bawah, yaitu pendidikan gratis.

11. Hadirat St Gea

Ia pernah menjabat sebagai wakil ketua DPRD kota Gunungsitoli. Saat menjabat, ia sangat peduli dengan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, terbukti ketika rapat ia selalu menyampaikan pendapatnya soal aspirasi rakyat.

Baca juga: Ephorus BKPN Foluaha Bidaya : Setuju Gagasan Ketum HIMNI Marinus Gea, tetapi Kompetensi Spiritual Harus Melekat ke Para Kader 

12. Vantos Waruwu

Dia merupakan artis dan pencipta lagu. Vantos terkenal dengan pedulinya terhadap pengembangan bakat pemuda di Nias. Dia membuat karang taruna Kabupaten Nias di bawah kepemimpinan Fatousa Waruwu yang sering disebut Vantos. Dengan giatnya mengembangkan kegiatan karang taruna di wilayah Kabupaten Nias, tentunya mengembangkan karya generasi muda. Dia begitu semangat menggelorakan karang taruna disana. Ia sekarang menjabat sebagai anggota DPRD Nias fraksi Demokrat.

13. Faahakhododo Maruhawa

Saat ini menjabat sebagai ketua umum persatuan masyarakat Nias Barat Indonesia. Selain itu ia juga pernah menjadi ketua panitia rakernas Himni pada tahun 2014. Di dunia politik, ia pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPRD provinsi Sumatera Utara dari partai Gerindra.

Simak berita lainnya di Youtube NAWACITA TV

14. Firman Yanus Larosa

Di pemerintahan Kabupaten Nias, dia menjabat sebagai sekretaris daerah. Ia dipilih oleh Bupati Nias karena layak dari segi kepribadian dan moralitas, serta melalui standar kompetensi di tingkat provinsi.

15. Jaya Putra Zega

Pria yang berprofesi sebagai advokat ini pernah mendaftarkan diri di DPC PDI Perjuangan sebagai bakal calon Bupati Nias utara periode 2020 sampai 2024. Ia juga menjabat sebagai ketua DPP Himni membidangi bantuan hukum dan HAM.

Baca juga: Terkait Gagasan Ketum HIMNI Marinus Gea, Ketum Himanira Yosafati  Hulu : Punya Catatan Penting Soal Ini

 

2 KOMENTAR

Comments are closed.