Siapkan Petugas Pengamanan TPS, Pemko Gunungsitoli Selenggarakan Pelatihan

0
276
Foto : Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zega, pada acara pembukaan pelatihan

Gunungsitoli, NAWACITAPOST – Pada (02/12/20) Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selenggarakan Pelatihan Petugas Pengaman Tempat Pemungutan Suara (TPS) Linmas. Yakni pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli tahun 2020 yang dilaksanakan (02/12/2020) di Gedung Auditorium STT BNKP Sunderman. Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Pelatihan dalam hal ini Sekretaris Satpol PP Kota Gunungsitoli Faowanolo Zendrato, S.Pd menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ada beberapa.

BACA JUGA: Ketua KPK Firli Sebut Anies Ibarat Baru Bangun

Tujuannya membekali peserta melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan terkait Standar Operasi Prosedur (SOP) pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Gunungsitoli. Yaitu pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli tahun 2020. Tercapainya penyelenggaraan dan pengorganisasian anggota satuan perlindungan masyarakat di setiap desa dan kelurahan se-Kota Gunungsitoli. Tak lain sesuai dengan implementasi Permendagri No. 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaran Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat.

BACA JUGA: Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Dicopot, Korban Ulah Gubernur Anies dan Habib Rizieq Shihab?

Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 614 orang berlangsung selama 2 hari berturut – turut. Yang mana dengan menghadirkan 4 orang narasumber. Yakni dari Polres Nias, Satpol PP, KPU dan Bawaslu Kota Gunungsitoli. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega menyatakan. Pada tahun ini tepatnya 09 Desember 2020 akan diselenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah serentak di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kota Gunungsitoli. Pemerintah dan segenap elemen masyarakat harus mampu mewujudkan pemilihan Kepala Daerah yang jujur, adil, rahasia, berintegritas, bermartabat dan berbudaya.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab Terancam Ditetapkan Tersangka, Gubernur Anies Menyusul?

Satuan Perlindungan Masyarakat (SatLinmas) adalah merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa, kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat. Yang mana dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana. Mengurangi dan memperkecil dampak bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

BACA JUGA: Tommy Sumardi Bantah Bawa Nama Azis Syamsuddin dan Kabareskrim Listyo Sigit Waktu Ketemu Napoleon

“Rasa aman dan rasa nyaman dalam pelaksanaan Pilkada merupakan satu hal yang sangat penting. Kenyamanan dan keamanan itu wajib dipersiapkan sedemikian rupa. Oleh karena itu saudara – saudara sebagai PAM TPS Linmas pada hari ini dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi faktor penentu keberhasilan pelaksanaan kegiatan Pilkada. Melalui pelatihan ini diharapkan saudara – saudara memiliki bekal dan ilmu. Sehingga dalam pelaksanaan tugas nanti dapat terlaksana dengan baik sesuai motto SatLinmas. Cepat, Tanggap, Cepat Tindak dan Cepat Lapor,” tutur Sekda.

BACA JUGA: Edhy Prabowo OTT, Susi Pudjiastuti Bakal Jabat Menteri KKP Lagi?

“Tugas saudara tentu bertambah dibanding dengan Pilkada sebelumnya. Karena Pilkada tahun ini dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid 19. Oleh karena itu, selain tugas pokok PAM TPS juga bertugas mengingatkan. Menghimbau semua pihak antara lain penyelenggara, pemilih dan masyarakat pemantau. Agar mematuhi protokol kesehatan pada proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS,” jelas Sekda.

Foto : Siapkan Petugas Pengamanan TPS, Pemko Gunungsitoli Selenggarakan Pelatihan

“Mengingatkan masyarakat untuk tetap memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun. Sehingga kita pastikan protokol kesehatan di TPS berlangsung dengan baik,” pungkas Sekda mengakhiri. Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut yaitu Komisoner KPU Kota Gunungsitoli, Bawaslu Kota Gunungsitoli, Mewakili Kapolres Nias, Kasatpol PP dan Kadis Kominfo Kota Gunungsitoli serta para undangan lainnya,” tutup Sekda. (Alexsius Telaumbanua)

BACA JUGA: Gisella Anastasia bersama Prianya Bakal Ditetapkan Tersangka?