Lagi – Lagi Suami TNI Dihukum, Istri Persit Siap Dijerat ITE

0
216
Foto : AL dan Serda K

Jakarta, NAWACITAPOST – Baru lega sebentar persoalan tentang ulah istri Persit (Persatuan Istri Tentara Angkatan Darat). Muncul lagi ke permukaan, hal yang sama. Sebelumnya, personel TNI AD (Angkatan Darat) dari Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Jaya, Sersan Mayor T menanggung hukuman akibat ulah sang istri. Demikian kini dialami oleh Serda K.

Foto : KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa

Sersan Mayor T harus menghadapi hukuman. Berupa penahanan selama 14 hari. Hal ini berawal dari unggahan sang istri yang berinisial SD beberapa waktu lalu. SD mengunggah sebuah tulisan tentang pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Sebuah komentar pedas akan kata rezim pun diberikan di akun jejaring sosial miliknya.

BACA JUGA: Gubernur Anies, Apa Laut Bukan Bagian dari Planet Bumi ?

Tak berselang lama, istri Serda K, AL menyalahgunakan media sosial miliknya. Hukuman terhadap sang suami, Serda K dijatuhkan dalam sidang pimpinan. Tepatnya yang digelar Selasa 19 Mei 2020 pagi. Mau tak mau KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa terpaksa kembali menghukum seorang anggotanya.

Foto : Postingan AL di akun jejaring sosial miliknya

Usai menghukum Sersan Mayor T, kini giliran Serda K. Lantaran harus menjalankan tugas dan tanggung jawab mengembang amanah TNI. Setelah sidang, akan dilanjutkan Sidang Disiplin Militer terhadap Serda K. Yang mana dipimpin oleh Komandan Kodim Pidie. Bertindak sebagai atasan yang berhak menghukum Serda K pada Rabu 20 Mei 2020 di Makodim Pidie.

BACA JUGA: Istri Persit Berceloteh, Suami TNI Ditahan

Dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI AD, sidang dipimpin Andika. Dihadiri oleh Wakil Kepala Staf AD, Komandan Pusat Polisi Militer AD, Asisten Intelijen KSAD, Direktur Hukum AD, Kepala Pusat Sandi dan Siber AD serta Kepala Dinas Penerangan AD. Diputuskan Serda K dijatuhi hukuman penahanan ringan selama 14 hari. Tidak mentaati perintah kedinasan yang sudah dikeluarkan berulang kali. Yakni tentang larangan penyalahgunaan sosial media oleh Prajurit TNI AD dan keluarganya.

Foto : Komentar akun jejaring sosial milik SD

Selain itu, diputuskan juga untuk mendorong dilakukannya proses hukum terhadap AL. Tak lain dalam kapasitasnya sebagai anggota Persatuan Istri TNI AD (Persit) atas dugaan pelanggaran terhadap Undang – Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016. Yaitu tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi & Transaksi Elektronik (ITE).

BACA JUGA: Yasonna Menjawab, Jangan Sepelekan Minta Bangun Lapas

Dalam kasusnya, istri Serda K, AL membuat postingan tentang konser. Konser yang diadakan oleh BPIP. AL menautkan pemberitaan portal online swararakyat.com dan memberikan keterangan. Keterangan bertuliskan “Semoga Allah mengampuni dosa2mu pakde (emoticon).” Bukan hanya menuliskan keterangan postingan. Pada akhir keterangan, ditambahkan emoticon. Bahkan, lebih parahnya, AL juga aktif memberikan komentar di dalam postingannya.

Foto : Postingan akun jejaring sosial milik AL

Dalam hal ini, bersangkutan telah diduga melanggar beberapa peraturan. Diantaranya UU RI Nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer (HDM), Peraturan Panglima TNI nomor 44 tahun 2015 tentang Peraturan Disiplin Militer, Kode Etik Militer (Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI).

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Sebagai prajurit TNI AD, Serda K juga dinyatakan tidak melaksanakan beberapa perintah yang telah dikeluarkan. Antara lain Surat Telegram Kasad Nomor ST/3029/2018 tanggal 1 November 2018 dan Surat Telegram Kasad Nomor ST/66/2020 tanggal 20 Januari 2020. Yakni tentang pelarangan anggota TNI baik jam dinas maupun di luar jam dinas. Tak lain untuk menghindari penyalahgunaan penggunaan medsos dilakukan anggota TNI AD maupun keluarganya.

Foto : Ilustrasi Pengadilan Militer

Entah apa yang merasuki para istri Persit melakukan hal demikian. Sang suami TNI harus mengemban tugas negara. Namun, justru istri mendorong sang suami dijerat hukuman dan penahanan. Bahkan, sang istri pun bisa dijerat hukuman UU ITE. Menyalahgunakan sosial media (sosmed).  Lantas akan ada lagikah? (Ayu Yulia Yang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here