Putra Nias, Melenggang Dari Guru Besar Jadi Pendamping Menteri
Foto : Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara

Jakarta, NAWACITAPOST – Nama Suahasil Nazara mulai menjadi sorotan publik. Yakni usai dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan oleh Presiden, Joko Widodo. Mendampingi Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Pelantikan Suahasil diharapkan dapat memperkuat Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Yang mana Suahasil sebelumnya sejak tanggal 6 Februari 2015 menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal. Kemudian pada tanggal 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Foto : Wakil Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara

Suahasil Nazara, biasa disapa Suahasil. Lahir di Jakarta pada 23 November 1970. Terlahir sebagai etnis putra Nias. Perjalanan hidupnya begitu menginspirasi. Menggapai ilmu setinggi mungkin. Mengejar cari ilmu walau harus Negeri Cina. Sangat cocok ditujukan kepadanya. Tidak tanggung – tanggung, rela memberikan hidupnya dalam menempuh jenjang pendidikan hingga Strata 3. Tidak bosan untuk terus menggali ilmu pengetahuan. Bahkan, merelakan pergi ke luar negeri hanya untuk menempuh jenjang pendidikan.

BACA JUGA: Wamenkeu Suahasil Nazara Terpilih Menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK

Perjalanan pendidikan Suahasil memang tidaklah mudah. Tidak seperti sekadar membalikkan telapak tangan. Suahasil sangat menghargai jerih payah. Terlebih terhadap pemberian kedua orang tuanya. Berusaha mendapatkan hasil yang terbaik dan membanggakan. Dirinya sangat bersungguh – sungguh dalam mendapatkan gelar pada tingkat jenjang pendidikan yang ditempuhnya. Jangan sampai akan mengecewakan. Terutama untuk menunjukkan kepada kedua orang tuanya. Bahwasanya putra Nias adalah putra yang terlahir membawa keberuntungan bagi kedua orang tuanya.

BACA JUGA: Dibalik Suksesnya Pria, Ada Wanita Hebat Bersamanya

Mengawalinya dengan menamatkan pendidikan Strata 1 dari Universitas Indonesia (UI) tahun 1994. Meraih gelar Sarjana Ekonomi (SE). Dilanjutkan jenjang pendidikannya hingga mendapatkan gelar Master of Science (M.Sc). Gelar yang didapat di Cornell Universitas USA tahun 1997. Tak ada rasa menyerah dalam menempuh jenjang pendidikan dalam hidupnya. Kembali melanjutkan gelar Doctor of Philosophy (PhD). Yang mana menamatkan dari Universitas of Illinois at Urbana – Champaign USA.

Baca juga :  SBY Berkuasa, Elit Demokrat Korupsi Dikirim ke Penjara, Ibas Bakal Masuk?
Foto : Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara saat berpidato.

Usai menamatkan pendidikan, Suahasil menjadi PNS. Yaitu sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1999. Kemudian pada tahun 2009 mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi. Di lingkungan FEB-UI, Suahasil pernah menjadi beberapa bagian penting. Diantaranya Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi (2004-2005), Kepala Lembaga Demografi (2005-2008) dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi (2009-2013).

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Eksistensi karir Suahasil terus berlanjut. Dirinya pun sempat menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal (2009 – 2011). Suahasil juga aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus. Dia juga pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) (2009-2015). Jabatan lain yang pernah didudukinya adalah Koordinator Pokja Kebijakan. Bertempat di Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015). Lalu, dirinya juga pernah menjadi Anggota Dewan Komite Ekonomi Nasional (KEN) (2013-2014).

Foto : Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara mendampingi Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Tepatnya 25 Oktober 2019, Suahasil resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai Wakil Menteri Keuangan untuk mendampingi Menteri Keuangan dalam kabinet Indonesia Maju. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi melantik Suahasil bersama 11 wakil menteri lainnya. (Ayu Yulia Yang)

10 KOMENTAR

  1. Saya sebagai putra Nias, merasa bangga atas suksesnya Suahasil Nazara dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan RI oleh Presiden Jokowi. Selamat Suahasil Nazara. Yaahowu.

  2. Selamat buat Prof.Suahasil Nazara.
    Anda adalah panutan dan motivator bagi Putra, Putri Nias khususnya, Semoga sehat selalu.

Comments are closed.