Wamenkeu Suahasil Nazara Terpilih Menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK

340
928
Jakarta, NAWACITA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dilantik menjadi Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ex-Officio dari Kementerian Keuangan. Suahasil menggantikan Wamenkeu sebelumnya, yakni Mardiasmo yang masa jabatannya habis tahun lalu.
Wamenkeu Suahasil Nazara Terpilih Menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK

Jakarta, NAWACITA – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dilantik menjadi Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ex-Officio dari Kementerian Keuangan. Suahasil menggantikan Wamenkeu sebelumnya, yakni Mardiasmo yang masa jabatannya habis tahun lalu.

Baca Juga: Investasi UEA untuk Indonesia Bernilai Rp 314 Triliun

Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengatakan Suahasil telah diangkat sebagai anggota DK OJK Ex-Officio berdasarkan surat keputusan Presiden Nomor 142/P tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019.

“Saudara telah diangkat sebagai anggota DK OJK Ex officio dari Kementerian Keuangan sebelum memangku jabatan, saudara wajib mengucapkan sumpah. Bersediakah saudara mengucapkan sumpah?,” kata Hatta di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).

Kemudian Suahasil mengucapkan sumpah jabatan. “Saya berjanji, bahwa saya untuk menjadi anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan ex officio dari Kementerian Keuangan langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun. Saya berjanji dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung sesuatu janji dalam bentuk apapun. Saya berjanji saya akan melaksanakan tugas sebagai anggota Dewan Komisioner OJK ex Officio kemenkeu dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai peraturan Undang-undang. Saya berjanji akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD tahun 1945. Kiranya Tuhan menolong saya,” ujarnya dia.

Pada kesempatan itu terlihat hadir direksi bank BUMN seperti Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Royke Tumilaar, Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Achmad Baiquni, Dirut PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso. Hadir juga Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu, Sekretaris Perusahaan Danamon Rita Mirasari. Masih banyak lagi, ada Direktur Utama PermataBank Ridha Wirakusumah, Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah, Ketua DK OJK Wimboh Santoso, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Anggota Dewan Komisioner OJK Tirta Segara.

Baca Juga: Kunjungan “Big Brother” Jokowi ke Abudhabi

Suahasil lahir 23 November 1970. Ia meraih gelar sarjana ekonomi (SE) pada tahun 1994 dari Universitas Indonesia (UI). Setelah itu, ia mendapat gelar Master of Science (MSc) dari Cornell University USA pada tahun 1997. Di tahun 2003, ia meraih gelar Doctor of Philosophy (PhD) dari University of Illinois at Urbana-Champaign USA.

Karier Suahasil dimulai dari bidang pendidikan di mana ia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) sejak 1999. Pada tahun 2009 mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.

Di lingkungan FEB UI, Suahasil pernah menjadi Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi (2004-2005), Kepala Lembaga Demografi (2005-2008) dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi (2009-2013).

Lebih lanjut, Suahasil pernah menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal (2009-2011). Ia juga aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus dan juga pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015.

Jabatan lain yang pernah didudukinya adalah Koordinator Pokja Kebijakan di Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015), serta menjadi Anggota Dewan Komite Ekonomi Nasional (KEN) pada 2013-2014.

Sejak tanggal 6 Februari 2015, Suahasil menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan pada tanggal 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala BKF.

Comments are closed.