Jakarta, NAWACITA - BMKG telah memperkirakan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di berbagai wilayah Indonesia dari 5 hingga 15 Januari 2020.
Kedubes AS Rilis Peringatan Hujan Ekstrim pada 12/1/2020, Ini Respon BNPB

Jakarta, NAWACITA – BMKG telah memperkirakan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di berbagai wilayah Indonesia dari 5 hingga 15 Januari 2020.

Merujuk perkiraan tersebut, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia mengeluarkan peringatan cuaca (Weather Alert) sebagai himbauan bagi warganya yang berada di Jakarta untuk selalu memantau info terbaru terkait cuaca.

“Prakiraan cuaca menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Jakarta akan mengalami curah hujan yang luar biasa hingga 12 Januari 2020,” demikian peringatan awal yang disampaikan kedubes AS melalui situs resminya, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Viral, “Gubernur Terbodoh” versi Google

“Antisipasi badai dan angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah,” tambah peringatan itu.

Kedubes AS meminta agar warganya mempersiapkan diri untuk menghadapi status tanggap darurat bencana. Warga AS yang berada di Jakarta juga diminta memperhatikan informasi dari media lokal Indonesia.

“Persiapkan rencana tanggap darurat. Gunakan alat yang tersedia di https://www.ready.gov/ untuk membuat rencana untuk keluarga, pekerjaan, dan sekolah anda. Perhatikan info dari media tentang peristiwa lokal, waspadai lingkungan sekitar Anda, dan perhatikan kesadaran pribadi setiap saat.”

Selain itu, kedubes AS juga meminta agar warganya selalu memperhatikan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kedubes AS menyarankan warganya mencermati peta bencana wilayah Jakarta yang berpotensi dilanda banjir.

“Lihatlah informasi prakiraan cuaca di Indonesia dengan mengunjungi laman resmi BMKG, https://www.bmkg.go.id/. Kunjungi peta bencana untuk mengetahui informasi terkini tentang daerah banjir,” demikian himbauan Kedubes AS.

“Daftarkan diri anda dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk mendapatkan informasi keamanan. Ikuti Konsulat Jenderal AS di Surabaya di Twitter dan Facebook Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook.”

Baca juga :  Sekjen PDIP Hasto Pastikan Urusan Capres 2024 Di Tangan Megawati
Respon Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB

Menanggapi peringatan dini cuaca atau weather alert dari Kedutaan Besar Amerika Serikat terkait prediksi cuaca ekstrem di Jakarta pada 12 Januari 2020, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo meminta masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek tidak panik.

“Senada dengan peringatan dini tersebut, kita tetap waspada, siaga dan menyiapkan rencana darurat keluarga,” kata Agus dari keterangan resminya, Rabu (8/1).

Menurutnya, langkah ini juga perlu diterapkan oleh setiap keluarga di Indonesia dalam menghadapi dampak dari perubahan cuaca tersebut.

“Mengingat potensi bahaya bisa terjadi kapan pun dan di mana pun,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat memang masih ada di Jakarta, terutama pada periode 9-12 Januari 2020.

BMKG juga memprediksi intensitas hujan tidak se-ekstrem curah hujan pada tanggal 1 Januari 2020.

Baca Juga: Nadiem Makariem: Kunci Kesuksesan adalah Karakter, Bukan NEM, IPK atau Rangking

Comments are closed.