Anies Pilih Bertemu Ketimbang Jemput?

0
542
Foto : Habib Rizieq dan Gubernur Anies

Jakarta, NAWACITAPOST – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan akan menemui Habib Rizieq Shihab (HRS) setibanya di Indonesia pada (10/11/2020). HRS dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno – Hatta hari ini dan menuju kediaman di Markas FPI Petamburan. Anies disebut akan menemui HRS ketika prinsip jaga jarak sudah bisa diterapkan. Rupanya isu jemput ditepisnya. Sepertinya Anies lebih memilih bertemu ketimbang jemput.

Foto : Gubernur Anies dan Habib Rizieq

Sebelumnya, beberapa tokoh memprediksi kedatangan HRS akan disambut oleh jemputan dari Anies. Eks Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan. Bakal nampak lucu ketika Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia. Dijemput oleh presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jenderal TNI (purn) Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Saya sudah bayangkan tapi jadi tampak lucu. Selain lucu juga aneh,” Kata Ferdinand Hutahaean di sosial medianya, pada (23/10/2020).

BACA JUGA: Anies dan Gatot Bakal Jemput Habib Rizieq Berstatus Merah?

Dia menilai hal itu tidak mungkin terjadi. Sebab Anies sendiri sebagai Gubernur akan mencoreng wibawanya dengan menjemput Habib Rizieq yang pernah diberitakan soal dugaan chat mesum. “Saya berpikir, bagaimana mungkin seorang mantan Panglima TNI dan seorang Gubernur DKI aktif turun kelas jadi penjemput seorang yang pernah jadi pemberitaan media. Karena kasus chat yang melibatkan Firza di Polri?” ujar Ferdinand.

Foto : Gubernur Anies dan Habib Rizieq

Rupanya tanggapan Ferdinand merupakan respon dari komentar Rocky Gerung terkait postingan Habib RIzieq bakal pulang ke Indonesia. Rocky kemudian membayangkan, jika pemerintah tidak mengambil sikap menjemput Rizieq, maka dia akan dijemput oleh Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo. “Bayangkan Habib Rizieq itu turun di bandara, dijemput oleh Gatot. Dijemput oleh Anies Baswedan kan itu seluruh konstruksi persaingan politik itu berubah. Saya cuma bayangkan itu sebagai kondisionalitas,” ujar Rocky.

BACA JUGA: Hilarius Duha Berpeluang Besar Kalahkan Idealisman Dachi

Namun, justru dipilih bertemu saja ketimbang menjemput. “Insya Allah, Bapak Anies baswedan akan bertemu dengan HRS paling lambat besok (Rabu) ketika sudah teratur jarak pysical distancing,” kata Wasekjen PA 211 Novel Bamukmin pada (10/11/2020). Diketahui, peran HRS dalam Pilgub DKI 2017 yang mana Anies memperoleh kemenangan tak bisa dipandang sepele. HRS menghimpun massa aksi 212 menentang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). “Bapak Anies prioritas akan bertemu dengan HRS,” lanjut Novel.

Foto : Gubernur Anies dan Habib Rizieq

Novel menyampaikan, HRS segera ke Petamburan usai tiba di Tanah Air. HRS akan menyambut massa yang telah menunggunya. “Beliau akan menyapa semua umat Islam nanti lewat mobil B1 FPI ketika keluar tol dan terus menerima tamu di Petamburan,” sebut Novel. Sebelumnya, tak ada agenda pertemuan HRS dengan Anies Baswedan seperti yang disampaikan oleh DPP FPI.

Foto : Gubernur Anies haidiri kegiatan Habib Rizieq

Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI), Munarman, memastikan Habib Rizieq Shihab pulang ke Tanah Air sesuai jadwal. Imam Besar FPI itu akan bertolak dari Arab Saudi pada (9/11/2020) pukul 19.30 WIB waktu setempat. “Selasa, 10 November 2020 pukul 09.00 WIB (Habib Rizieq) tiba di terminal 3 bandara Soekarno – Hatta dan langsung melanjutkan perjalanan menuju kediaman di Petamburan, Jakarta Pusat,” kata Munarman ketika dikonfirmasi pada (8/11/2020).

BACA JUGA: Idealisman Dachi Abaikan Sektor Pariwisata dan Perikanan Nias Selatan?

Lanjut Munarman, Habib Rizieq baru akan menghadiri sejumlah kegiatan pada (13/11/2020). Kegiatan pertama yang dihadiri Habib Rizieq adalah Maulid Nabi di Majalis Taklim Al Afaf pimpinan Al Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di Tebet, Jakarta Selatan, pukul 04.00 WIB. Di hari yang sama pukul 08.00 WIB, Habib Rizieq bakal melanjutkan perjalanan menuju Markaz Syariah di Megamendung, Bogor. Disana, Habib Rizieq bakal melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Markaz Syariah dan menyelenggarakan shalat Jumat.

Foto : Gubernur Anies dan Ahok

“Pada Sabtu, 14 November 2020 pukul 19.30 WIB, (Habib Rizieq) akan hadir dalam acara Peringatan Maulid di DPP FPI Petamburan, Jakarta Pusat,” ungkap Munarman. Ternyata, kepulangan HRS bukan tanpa sebab. Lantaram dirinya sudah berstatus merah. Status Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi tidak mengembirakan. Habib Rizieq berstatus merah di Arab Saudi.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Diduga Melanggar Hukum Kepemilikan Dua Mobil Dinas

Menurut Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, visa kunjungan Habib Rizieq sudah habis dan statusnya kini sebagai mukhalif atau pelanggar undang – undang. “Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini nama Mohammad Rizieq Shihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih blinking merah. Dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis mukhalif (pelanggar UU),” ujar Agus pada 15 Oktober 2020.

Foto : Baliho kedatangan Habib Rizieq

“Bentuk pelanggarannya adalah mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan). Ada juga kolom ma’lumat al-mukhalif (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis Surah al-Mukhalif dan foto pelanggar,” sambung Agus. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?