Ketua PGI Wilayah Sumut Lantik Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,M.Min Sebagai Ketua PGI Nias Selatan Periode 2020-2025

2
710
Teluk Dalam, NAWACITA - Ketua Persatuan Gereja- Gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Sumut melantik pengurus PGID Nisel masa jabatan 2020 - 2025.
Ketua PGI Wilayah Sumut Lantik Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,M.Min Sebagai Ketua PGI Nias Selatan Periode 2020-2025

Teluk Dalam, NAWACITA – Ketua Persatuan Gereja- Gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Sumut melantik pengurus PGID Nisel masa jabatan 2020 – 2025.

Pelantikan itu dilaksanakan di Gedung Gereja Jemaat BNKP Yohanes keluruhan Pasar Teluk Dalam, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga: Budi Luhur Buulolo, Kepala Desa Termuda di Kabupaten Nias Selatan

Dalam pelantikan pengurus PGID tersebut, turut hadir Bupati Nisel yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Gayus Duha, S.Pd, mewakili Kajari Nisel, mewakili Danlanal Nias, dan para Pendeta.

Inilah Susunan Pengurus PGI Daerah Nias Selatan Masa Jabatan 2020 – 2025; Majelis Pekerja Harian (MPH), Ketua Umum : Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,M.Min (BNKP), Ketua 1 : Pdt.Ohezatulo Buulolo, S.Th (AFY), Ketua 2 : Pdt. Taminudin Laoli, (GBI), Ketua 3 : Pdt. Denisi Waruwu (ONKP), Ketua 4: Sidi Adil Harita, MA dan Sekretaris Umum : Pdt. Mardalianus, M.Th (GKPB), Wakil Sekretaris Umum : Pdt. Arfan Nao Zamili, M.Sc., MA (GBI), Bendahara umum : Robert M. Silalahi, S.Th (HKBP), dan wakil bendahara umum : Aferili Harita, SE.,MA (BNKP).

Selanjutnya, Majelis Pertimbangan (MP), Ketua : Pdt. Steven Tanjung, M.Th (GMI), Sekretaris : Pdt. Demia Jauso Wau, S.Th (BNKP), Anggota : Pdt. Yanieri Zebua (Gereja Amin), Pdt. Ekonomi Buulolo (GKRI), dan Bebalazi Hia, BA (BNKP).

Kemudian, Badan Pemeriksaan Perbendaharaan (BPP), Ketua : Nasowoloo Loi, S.Pd (BNKP), Sekretaris : Pdt. Kurisman Sihite (GMI), Anggota : Pdt. Syukur Zai, S.Th (ONKP), Pdt. Taliziduhu Ndruru, S.Th.,M.Min.

Baca Juga: 6 Paket Proyek Bernilai Milyaran Rupiah di Dinas PUPR Nias Selatan Siap Tender

Majelis Pekerja Lengkap (MPL), Pdt. Yohanes Amazihono, M.Pdk (GBI), Pdt. Pesanan Telaumbanua, M.Min (GMI), Pdt. Wilson Bawamenewi, M.Th (AFY), Pdt. Parlindungan Zebua, S.Th (BNKP), Pdt. Lisrani Yanti Dakhi, S.Th (GTDI).

Berikutnya, yang membidangi Komisi Perempuan dan Anak, Ketua : Biv. Tinanda Limbong, S.Pdk (HKBP), Komisi Pemuda, Ketua : Pdt. Adolf Frenolin Zebua, SKM.,MM (BNKP), Komisi Pria/Orang tua : Ketua : Pdt. Bazatulo (GBI), Ketua Komisi Lingkungan Hidup dan Crisis Center : Richard Hutauruk, SKM (HKBP), Ketua Komisi Dana dan Daya : Pdt. Firman Fari Dohona, S.Pd (GBI).

Komisi Humas, Ketua : Trikasa Satya Adievra, SE, dan Ketua Komisi Hukum yaitu Karel Mendrofa, Ketua Komisi Kerohanian : Pdt. Ermida Sinurat, S.Th.

Dalam sambutannya, Ketua PGLII Pdt. Aperli Gulo, M.Th mengatakan bahwa dengan adanya PGI dinisel, pihaknya bertambah semangat dan sangat berdampak bagi semua orang Kristiani dinisel, Ucap Gulo.

Dalam kesempatan itu, Ketua PGLII itu berharap dengan adanya PGI ini, janganlah lagi kita digerakkan oleh materi, tapi digerakkan boleh iman dan Kristus Yesus, Pungkas Gulo!

“Tentu dengan adanya PGI di Nisel ini, maka lembaga-lembaga gereja, Ormas kemasyarakatan kekristenan bisa berkolaborasi, bekerja sama untuk mengerjakan kerja yang mulia, yaitu amanat agung Tuhan Yesus Kristus”, Tutur Gulo.

Dalam sambutannya, mewakili Forkopimda Nisel, oleh perwakilan Kajari Nisel menyarankan agar pengurus PGI Nisel untuk memberikan struktur organisasi PGI ke Pemda, khususnya di Kesbangpol untuk didata supaya nanti bisa terdaftar, apalagi ada istilah pakem yang berkaitan dengan aliran keagamaan.

Juga dalam kesempatan itu melalui sambutannya, mewakili Kakan Kemenag Nisel, Sof. Ndruru menyampaikan apresiasi atas pelantikan pengurus PGID Nisel, dan walaupun yang dilantik hari ini jumlah kecil, namun efeknya sangat besar, karena ini dari berbagai gereja dan telah disatukan, dan inilah pertama kali yang dibentuk di Indonesia organisasi kekristenan, yaitu PGI dan baru berkembang di daerah, Ucap Ndruru.

“Ini sebenarnya telah ada, namun pengukuhannya belum, sehingga pergerakkaannya lambat dan tidak nampak dampaknya”.

Lebih lanjut, Sof. Ndruru mengatakan bahwa bila kita mengingat khotbah pendeta melalui natal bersama “Jadilah Sahabat Bagi Semua Orang” dan saya sangat tersentuh sekali, karena maknanya sangat baik dalam setiap pelayanan.

Ia berharap pelantikan itu PGID hari ini tidak hanya sekedar menambah organisasi gereja yang ada di Nisel, karena sudah banyak organisasi gereja dinisel, artinya dari perbedaan itu sebenarnya hanya satu tujuan adalah pelayanan terhadap jemaat.

Baca Juga: Menkumham RI Prof. Yasonna bahas Omnibus Law bersama Dubes UE

Dalam Arahannya, Bupati Nias Selatan yang disampaikan oleh asisten I Bidang Pemerintahan, Gayus Duha, S.Pd menyampaikan apresiasi atas pelantikan pengurus PGI Nisel, dimana PGI ini kata dia merupakan mitra kerja Pemda Nisel dan bukan hanya mitra kerja, karena pada dasarnya pemerintah ada karena ada gereja, adanya Tuhan, berarti tanpa gereja pasti tidak ada pemerintahan.

“Gereja itu selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya”.

Pemda Nisel berharap agar pengurus yang telah terpilih dan bergandeng tangan kepada pemda untuk membangun nias selatan kedepan untuk lebih maju, khususnya keimanan, Harap Duha.

Dalam sambutannya, Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,M.Min mengatakan bahwa pelantikan pengurus PGI Nisel itu atas kasih berkat Yesus Kristus.

Lebih lanjut, Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,Min menjelaskan bahwa dimana setelah pertemuan tim 7 dan terus bekerja dan mendapatkan sepucut Surat dari PGI Wilayah Sumut pada tanggal 27 November 2019, dan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para pendeta, dan pimpinan gereja yang tergabung dalam PGI Nisel dan sekaligus memberikan kepercayaan kepada nya dalam kepengurusan PGI Nisel.

Sebelumnya Pdt. Agustus Nazara telah menyampaikan agar dirinya tidak menjadi pengurus dalam PGI, sebab masih adalah lagi seniornya, kata Nazara.

“Sebelumnya, saya telah menyampaikan bahwa untuk menjadi pengurus, janganlah saya, masih ada lagi senior dan orang yang lebih tua dari saya, namun teman-teman Pendeta mengatakan bahwa kita enggan menyuruh senior”, tutur Nazara.

Pdt. Agustus Nazara berharap agar amanah yang diberikan itu supaya betul- betul berkonstribusi, baik ditengah-tengah masyarakat, dan juga ditengah- tengah gereja yang ada di Nias Selatan ini.

Baca Juga:  Dr. Hilarius Duha Lantik Pejabat Setingkat Eselon III dan IV di Nias Selatan

Dalam kesempatan itu juga, Pdt. Agustus Nazara mengharapkan agar dalam bekerja dapat dilaksanakan sesuai tupoksi masing-masing, dan ia juga berharap agar bulan maret 2020 mendatang melakukan pelayanan silang dibeberapa gereja.

Ia juga mengharapkan dukungan dari pengurus PGI Wilayah Sumut supaya PGI Nisel dapat melakukan yang terbaik sesuai dengan kehendak Tuhan.

Ketua PGI Wilayah Sumut Pdt. Bishop Darwis Manurung dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelantikan pengurus PGI Nisel ini adalah sebuah prestasi yang dapat disyukuri karena baru tahun ini bisa terbentuk PGI di Nisel, dimana selama ini pemda hanya membentuk wadah BKAG.

Baca Juga: Lembaga Gereja dan Ormas Keagamaan Kristen Nisel Gelar Natal Bersama

Kehadirat PGID disini adalah merupakan mitra, bukan saingan antar Ormas Kekristenan, sebab kepala kita adalah Yesus Kristus, dan tubuh Kristus, Ucap Manurung.

Dalam kesempatan itu, Pdt. Bishop mengucapkan terima kasih kepada pemda Nisel, dimana kehadiran PGI didaerah merupakan sahabat pemerintah, dan menjadi sahabat itu harus ada kritisi, tanpa kritisi kepada sahabat, maka itu namanya musuh dalam selimut.

Nias Selatan akan menjadi Yerusalem Baru, dan itu bukan hanya sekedar kata-kata dan inilah kerja PGID menghadirkan kerajaan Allah dinisel ini, sehingga setiap kita masuk di Kabupaten Nisel aroma kekristenan itu jelas, jelas Manurung.

Riswan Gowasa (Nawacitapost, Nias Selatan)

2 KOMENTAR

  1. Hey very nice website!! Man .. Excellent .. Amazing .. I will bookmark your web site and take the feeds also…I am happy to find a lot of useful info here in the post, we need work out more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here