Sulsel, NAWACITAPOST – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selayar suskes membudidayakan jamur tiram. Budidaya jamur tiram ini merupakan salah satu kegiatan kemandirian yang baru dijalankan. Kegiatan kemandirian ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada warga binaan khususnya dalam bidang budidaya jamur tiram.

Budidaya jamur ini dilakukan di ruang bimbingan kerja yang terdapat di areal blok hunian warga binaan. Jamur tiram yang dibudidayakan dapat tumbuh dengan baik dikarenakan lokasi yang memadai serta pengelolaan yang baik dari warga binaan. Pada proses pemanenan perdana berhasil didapatkan 4 kg jamur tiram. Jamur tersebut kemudian dipasarkan ke masyarakat sekitar dan juga pegawai. Ahad (16/05/2021).

BACA JUGA :   Cegah Masuk Narkoba, Rutan Makassar Dijaga Anjing Pelacak

Kepala Rutan Selayar, Nana Herdiana mengungkapkan “ Budidaya jamur tiram ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Rutan Selayar, dan alhamdulillah bisa dijalankan dengan baik hingga menghasilkan jamur yang siap dijual di masyarakat.”

BACA JUGA :  50 Warga Binaan Rutan Selayar Terima Remisi Khusus Idulul Fitri 1442 H

Jamur tiram sendiri masih sulit ditemukan dan bahkan belum ada yang menjualnya di Kabupaten Kep.Selayar. Sehingga Rutan Selayar berinisiatif untuk memberdayakan warga binaan untuk menjadi pioner dalam budidaya jamur tersebut. Harga jamur ini juga cukup terjangkau bagi masyarakat, yakni dibandrol dengan harga Rp30.000 per kg-nya.

Pemasaran jamur ini dilakukan secara langsung dan juga online. Masyarakat yang ingin mencoba jamur ini dapat mengunjungi Rutan Selayar ataupun membelinya secara online melalui Whatsapp.

BACA JUGA :  Kakanwil Kemenkumham Sulsel Serahkan SK Remisi di Rutan Makassar

Budidaya jamur ini diharapkan dapat berkembang dengan baik. Sehingga kedepannya dapat berkontribusi terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Baca juga :  Pemkot Bekasi Laksanakan Operasi Minyak Goreng Subsidi di Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara Hari ini.