Pasca KLB Demokrat, Kekuatan Kubu AHY Mulai Melemah

0
476
ki - ka ; Bupati Bintan Apri Sujadi Demokrat kubu Jenderal TNI (Purn) Moeldoko Vs Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya Demokrat Kubu Mayor TNI (Purn) AHY

Jakarta, NAWACITAPOST –Kongres V Partai Demokrat (PD) Jakarta Mei 2020 menetapkan Mayor TNI (purn) Agus Harimurti Yudoyhono (AHY) sebagai Ketua Umum dan SBY yang juga ayah kandung AHY sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai.

Baca Juga : Bukan Menkumham Tapi Direktur Jenderal AHU Yang Terima Demokrat Kubu AHY, Sinyal Hasil KLB Deli Serdang Disahkan?

PASCA Kongres  V,  AHY menjalankan jabatan Ketua Umum partai rasa perusahaan. Setiap kader Demokrat yang berbeda dan berseberangan dengan cara mengkritik pasti dipecat, termasuk pendiri dan deklarator Marzuki Alie, Jhoni Alen Marbun,  Damrizal dan kawan-kawan lainnya terkena terpaan kesewenangan klan AHY – SBY  (Cikeas).

Belum setahun usia  kongres V , Marzuki Ali, Jhoni Alen Marbun dan kawan-kawan menggelar KLB di Deli Serdang pada Jumat 5 Maret 2021.  Hasil KLB itu menetapkan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sebagai ketua Umum dan Marzuki Alie (Ketua Dewan Pembina).

Jumpa pers SBY dan AHY digelar di dua tempat (Jakarta dan Cikeas-Bogor) berbeda dalam waktu  tiga hari (Jumat – Minggu). Puncaknya Senin 8 Maret 2021 Kubu AHY bersama pengurus intinya melakukan roadshow ke tiga tempat (Kemenkumham diterima Direktur Jenderal AHU, KPU, dan Menkopolhukam) suaranya sama yaitu bahwa dirinya (AHY) yang sah sebagai Ketua Umum.

Jika dicermati lebih jauh, bahwa jumpa pers dan road show AHY atas perintah SBY mencerminkan ketakutan luar biasa sedang melanda Kubu AHY.

Ternyata  Kongres V Jakarta dan KLB Deli Serdang menghasilkan pembelahan dua kubu. Parlemen (Senayan dan daerah) serta mungkin Kepala daerah terbelah menjadi dua kubu. Dan sudah terjadi, dimana Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya pro Kubu AHY dan Bupati Bintan Apri Sujadi kubu Moeldoko.

Yang jelas dan pasti, pasca KLB,  kubu Moeldoko mendapat kekuatan dari Parlemen dan Kapala Daerah, sementara kubu AHY mulai tergerus,  menyusut, dan melemah kekuatannya.