Mengkhawatirkan, Korban Covid-19 Meningkat, Ruang Rawat Menipis

0
117
foto: Anggota Komisi IX DPR RI Anas Thahir.

Jakarta, NAWACITAPOST – Anggota Komisi IX DPR RI Anas Thahir mengungkapkan, perkembangan Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Ironisnya, selain korban terus meningkat, hingga ketersediaan ruang rawat di banyak rumah sakit menipis, akibat pandemi tersebut tenaga medis satu-perssatu meninggal dunia.

“Sampai hari ini, Rabu (6/1/2021), pasien terkonfirmasi positif mencapai 779.548 orang. Bahkan yang paling menyedihkan, ketersediaan tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat sampai petugas laboratorium yang satu persatu terus berguguran meninggal saat bertugas,” papar dia dalam siaran persnya, Rabu (6/1/2021).

Untuk itu, Anas pun meminta pemerintah segera bertindak cepat untuk menyelesaikan persoalan ini dengan  merekrut dokter dan perawat yang memiliki kompetensi memadai.

Terhadap pasien tanpa gejala (OTG) yang jumlahnya terus meroket, ia meminta pemerintah memberikan penangan khusus, seperti ruang isolasi tersendiri khusus pasien OTG.

“Pasien OTG itu beresiko mempercepat penularan. Untuk itu saya berharap pemerintah menyediakan ruang isolasi khusus bagi pasien OTG,” seru Anas lagi. Tak hanya itu, Legislator Senayan dari Fraksi PPP ini juga menegaskan, pemerintah perlu mempertimbangkan kembali pemberlakuan lockdown parsial di seluruh darah yang dipandang mengkhawatirkan.

“Pemerintah harus bertindak cepat untuk menyelesaikan persoalan ini. Serta meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid varian baru yang disinyalir lebih cepat penularannya daripada Covid-19,” tukasnya

Selain itu, menurut politikus Fraksi PPP ini, pemerintah juga perlu mempertimbangkan kembali pemberlakuan lockdown parsial di seluruh daerah yang dipandang mengkhawatirkan.

“Pemerintah harus bertindak cepat untuk menyelesaikan persoalan ini. Serta meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid varian baru yang disinyalir lebih cepat penularannya daripada Covid-19,” cetussnya. (OSS)