RS Gigi dan Mulut Fak. Kedokteran Trisakti

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Rumah sakit yang bermottokan “Quality services (Pelayanan berkualitas), Safety (aman) and Satisfaction (Memuaskan).”

Baca Juga : RS UNS di Kota Asal Presiden Jokowi, Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Semua Pasien

Adalah motto dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi dan Mulut Universitas Trisakti (RSGM-P FKG Usakti) yang telah berdiri sejak tahun 2002.

Rumah sakit ini juga sudah mendapatkan surat keputusan menteri kesehatan Republik Indonesia (Kepmenkes RI) No HK. 00.06.1.4.4803, juga telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Gigi dan Mulut dengan klasifikasi A sejak 28 November 2010, menjadikan rumah sakit khusus yang dimiliki Usakti selain sebagai tempat Pendidikan bagi Program Profesi Dokter Gigi (PPDG) dan Program Profesi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (PPDGS KG), yang sejalan dengan fungsi utama perguruan tinggi yaitu Tridharma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, juga membuat rumah sakit yang berlokasi di kawasan Grogol Jakarta Barat ini terus berkembang dan bertambah maju, mulai dari fasilitas yang ada di rumah sakit, dan terutama pelayanannya kepada masyarakat sebagai prioritas utama.

Kemudian, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.02.02/I/5355/2019 diberikan izin operasional tetap sebagai Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti untuk 5 tahun kedepan sampai tahun 2024. Pada tanggal 5 Juni 2020 RSGM FKG Usakti mendapat predikat Rumah Sakit Pendidikan Utama. RSGM-P FKG Usakti dikelola melalui sistem manajemen rumah sakit yang memungkinkan diselenggarakannya berbagai kegiatan pendidikan profesi, dan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (PPDGS KG), serta pendidikan dokter Gigi berkelanjutan.

RSGM-P FKG Usakti memiliki Visi: Menjadi rumah sakit gigi dan mulut pendidikan yang memberikan pelayanan, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang kesehatan/kesehatan gigi yang terkemuka di Indonesia.

Baca juga :  Ulang Tahun Jokowi, PPNI Berharap Program Perawat Desa Menasional

Misi: Pertama Menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pendidikan yang paripurna, bermutu, berorientasi pada kepuasan masyarakat, adil dan terjangkau.

Kedua Menjadi tempat penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta Pendidikan Profesi Dokter Gigi dan Peserta Pendidikan Dokter Gigi Spesialis yang berkualitas.

Ketiga Menjadi tempat Penelitian untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi untuk menghasilkan karya-karya inovatif di bidang kedokteran gigi

Keempat Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama dan kemitraan bersama lembaga pendidikan tinggi lain dan dunia industri di dalam dan di luar negri.

Kelima Menjadi pusat rujukan kesehatan gigi tertinggi di Indonesia

RSGM-P FKG Usakti mempunyai jenis pelayanan dan fasilitas sebagai berikut:

Teledentistry
Rawat Jalan

Pada RSGM-P FKG Usakti disediakan pelayanan rawat jalan di Negative Room dengan tindakan-tindakan sebagai berikut Tindakan promotif dan preventif, Tindakan kuratif, Tindakan Rehabilitatif, Pemeriksaan Radiografis,

c.      Rawat Inap
d.     IGD Umum dan Kekhususan Dental
Ruang Operasi Mayor (R. OK)
DentCore
Radiologi Dental
Laboratorium
Mobil keliling

Untuk memberikan pelayanan terbaik, RSGM-P FKG Usakti memiliki 60 Dokter Gigi Umum, 71 Dokter Gigi Spesialis, 3 Dokter Spesialis, 4 Dokter Umum serta Staf Klinis, Non Klinis dan Penunjang sebanyak 57 SDM.

Pendidikan profesi dokter gigi dan PPDGS didukung oleh fasilitas yang sangat memadai. RSGM-P FKG Usakti memiliki 185 dental unit, 18 Negative Room, Instalasi Radiologi, Farmasi, Ruang OK, Laboratorium Gigi dan Laboratorium Patologi Klinis.

RSGM-P FKG Usakti juga mempunyai kerjasama dengan rumah sakit jejaring, Poltekkes dan berbagai asuransi. Untuk memperkuat administrasi dan pengumpulan data didukung oleh SIAPP dan SIM RS sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik dan mampu bersaing dimasa mendatang.

(Kerjasama KARS dengan media nawacitapost.com dan nawacita TV)

Baca juga :  Hari Jadi Ke-52, UIN Raden Intan Undang Rektor IPB