Doktor Dermawan Waruwu Ketua Umum Pertama PDNI (2021 -2024), Siap Memajukan Kepulauan Nias

0
215
Melaui Zoom PDNI didekalrasikan, Minggu (12/9/2021).

Jakarta, NAWACITAPOST –  Kepulauan Nias (kepni)  bukan hanya identik dengan wisata, budaya dan ragam lainnya. Sumber Daya Manusia (SDM) pun ditorehkan. Melalui deklarasi Perkumpulan Doktor Nias Indonesia (PDNI) dengan sarana Zoom dan Youtube. Sebanyak 88 doktor asal Kepni yang terpencar diberbagai daerah Indonesia melakukan kiprahnya di acara itu.

Baca Juga : 9 Tokoh Asal Kepulauan Nias Tanggapi Pernyataan Ketua Umum HIMNI Marinus Gea

Ini deklarasi pertama, jelasnya melalui rilis yang diterima nawacitapost, Senin (13/9/2021). Deklarasi sendiri sudah dilakukan, pada Minggu (12/9/2021) dengan kantor pusat PDNI di Medan Sumatera Utara. Adapun pengurus yang terlibat dalam wadah intelektual ini berjumlah 41.

Ketua Panitia deklarasi dan pelantikan pengurus PDNI, Dermawan Waruwu yang laporannya dibacakan oleh Sun Theo CL Nduru bahwa anggota PDNI yang tercatat sampai saat ini berjumlah 88 orang. Jumlah pengurus PDNI yang dilantik pada hari ini berjumlah 41 orang yang berdomisili di seluruh Indonesia serta berasal dari berbagai displin ilmu dan berbagai agama, jelasnya.

Baca Juga : Ini Susunan Pengurus PDNI Periode 2021 – 2024 dan Arti Logonya

Deklarasi ini dihadiri oleh Dewan Pembina, Kepala Daerah, anggota DPR, DPRD, Tokoh Masyarakat Nias, Rohaniawan, masyarakat Nias, dan beberapa tamu undangan lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Deklarasi dibacakan oleh Dr. Talizaro Tafona’o yang dilanjutkan dengan pembacaan sejarah pembentukan PDNI oleh Dr. Liyus Waruwu. Dalam penyampaian sejarah ini terungkap bahwa PDNI memiliki kerinduan dan cita-cita untuk mengembangkan potensi Kepulauan Nias sesuai kompetensi dan keahlian dari para Doktor tersebut.

Usai dilantik,  Dermawan Waruwu menyampaikan pidato pertamanya bertajuk Bergerak Senyap, PDNI Jadi Berkat. Maknanya,  bahwa PDNI bukanlah organisasi yang bersifat eksklusif atau ajang kesombongan, melainkan PDNI menjadi wadah organisasi untuk melakukan karya nyata bagi pengembangan potensi Kepulauan Nias.

PDNI terpanggil untuk melayani sesamanya melalui keahlian dan bidang keilmuan masing-masing. Visi organisasi ini adalah mewujudkan masyarakat Kepulauan Nias yang berdaya saing di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Visi ini dijabarkan dalam empat Misi utama yaitu Pertama, mendorong penyiapan seluruh potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat di Kepulauan Nias melalui penelitian dan pengabdian; kedua, berpartisipasi dalam percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM); ketiga, menjalin kerja sama dengan pemerintah dan atau lembaga masyarakat untuk mencapai tujuan kemajuan daerah di Kepulauan Nias, keempat, mendorong revitalisasi adat istiadat di Kepulauan Nias.