Security KRL Commuter Line Dididik Prioritaskan Penumpang Wanita Berdiri?

1
1097
Foto : Situasi Kondisi Didalam KRL Commuter Line Tangerang Duri

Jakarta, NAWACITAPOST – Kejadiannya pada hari ini Senin, 11 Mei 2020. Ketika perjalanan berada didalam KRL Commuter Line. Tepatnya KRL Commuter Line Tangerang Duri. Keberangkatan KRL dari stasiun Tangerang pukul 07.20 WIB. KRL memang berhenti di setiap stasiun yang sudah ditetapkan sebagai pemberhentian. Ketika KRL Tangerang berhenti di Stasiun Bojong Indah. Memberikan sebuah tanda tanya.

BACA JUGA: Lee Joon Gi Lepas Perguruan Tinggi, Jadi Duta Takhlukan Industri Hiburan

Foto : Suasana didalam KRL Commuter Line

Ada seorang penumpang wanita hamil naik dari stasiun Bojong Indah. Salah satu petugas Security KRL yang berada didalam gerbong kereta mengarahkan penumpang wanita hamil duduk di tempat duduk prioritas. Tempat duduk prioritas penuh. Terlebih saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hanya boleh diduduki oleh dua orang saja. Tempat duduk prioritas merupakan tempat duduk khusus untuk memprioritaskan wanita hamil, lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas.

Foto : Komentar dari warganet
Foto : Komentar dari warganet
Foto : Komentar dari warganet

Namun, uniknya salah satu petugas Security meminta penumpang wanita muda yang lagi duduk di tempat duduk prioritas untuk berdiri. Memberikan tempat duduknya untuk wanita hamil yang baru saja naik. Ya karena sudah diminta berdiri, wanita muda pun berdiri. “Mbak, maaf ada ibu hamil, mohon bisa memberikan tempat duduknya”. Demikian dikatakan oleh salah satu petugas Security itu. Padahal, waktu bersamaan, wanita muda yang duduk di tempat duduk prioritas berhadapan dengan laki – laki muda. Keduanya memang sama – sama dalam kondisi sehat, bukan lansia dan bukan penyandang disabilitas. Posisi petugas Securitynya pun juga sudah lama didalam gerbong yang mengamati penumpang.

Foto : Komentar dari warganet
Foto : Komentar dari warganet
Foto : Komentar dari warganet
Foto : Komentar dari warganet

Beberapa komentar dari warganet sosial media (sosmed) ketika salah seorang mengabadikan ceritanya. Cukup beragam. Mengatakan bahwa yang dilakukan demikian sudah benar adanya. Security tidak memperhatikan mau jenis kelamin pria ataupun wanita. Hanya menjalankan tugas untuk memberikan tempat duduk prioritas kepada wanita hamil. Sebagian komentar lain pun membenarkan. Bahkan, menyalahkan kepada seorang yang mengabadikan ceritanya ke sosmed. Menyalahkan tidak menegur salah satu petugas. Lalu tidak pula menanyakan tindakan petugas demikian. Membiarkan begitu saja. Ada pula yang mengatakan bahwa kemungkinan petugas ingin membantu si wanita muda agar tidak celaka. Masih banyak komentar dari warganet lainnya.

Foto : Suasana didalam KRL Commuter Line

Hanya saja yang jadi pertanyaan. Alasan petugas Security memilih mengarahkan permintaannya kepada wanita muda. Ketimbang pada lelaki muda. Yang mana keduanya sama – sama duduk di tempat duduk prioritas. Laki – laki mudanya pun tidak sedang dalam kondisi tidur didalam KRL. Bahkan, laki – laki mudanya pun juga sempat melihat ada wanita hamil yang naik ke KRL. Kenapa demikian? Apakah Security KRL dididik untuk memprioritaskan wanita berdiri ketimbang laki – laki? Dibenarkan jika dihadapkan pada suatu situasi kondisi (sikon) demikian? Petugas Security KRL meminta penumpang wanita muda berdiri dari tempat duduk prioritas. Memberikan tempat duduknya untuk wanita hamil. Walaupun ada laki – laki muda yang juga duduk di tempat duduk prioritas. Tidak diminta untuk berdiri memberikan tempat duduknya.(Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA : Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Comments are closed.