Pelantikan BPH HIMANIRA Periode 2022-2026, Hotel Oasis Amir, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Bertempat di Hotel Oasis Amir Jakarta pusat 30 April 22 Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu dan Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, Ketua Umum Himpunan Masyrakat Nias Utara (HIMANIRA) Marinus Nazara didampingi Anggota DPR RI sekaligus Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, Tokoh Masyarakat Nias Firman Jaya Daely, Mantan Bupati Nias sekaligus ketua dewan penasehat HIMANIRA, Binahati Baeha, Ketua DPRD Nias Utara Sukanto Waruwu melantik segenap jajaran Badan Pengurus Harian  (BPH)  HIMANIRA periode 2022 -2026.

Pelantikan BPH  HIMANIRA ini dimulai dengan doa pembuka oleh Pdt. Fosawato Zalukhu.

Sambutan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, di acara pelantikan BPH  Himanira periode 2022 -2026, Hotel Oasis Amir Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga : Menyoal Musda HIMNI Jabar, Ini Catatan Kritis Konstruktif  Ketua Umum HIMANIRA Yosafati Hulu    

Sambutan Mantan Bupati Nias sekaligus ketua dewan penasehat Himanira Binahati Baeha, diacara pelantikan BPH  Himanira periode 2022 -2026, hotel Oasis Amir, Jakarta, Sabtu (30/4/2022)

Dalam acara pelantikan ini tidak hanya dihadiri oleh Kepala daerah dan Ketua DPRD melainkan juga hampir segenap OPD dan beberapa anggota DPRD Nias Utara, Ketua Ormas Kepulauan Nias di Jabodetabek, tokoh-tokoh masyarakat Nias, pengusaha dan undangan lainnya.

Ada yang unik dalam pelantikan kali ini seperti yang tertera dalam agenda juga ada dialog interaktif HIMANIRA & PEMDA Nias Utara yang langsung dipimpin oleh Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu didampingi Wakil Bupati Yusman Zega dan Sekda Nias Utara.
Hal itu disampaikan oleh ketua panitia Yarman Hulu dalam laporannya dan ini merupakan terobosan yang memberikan bukti koordinasi yang baik antara Ormas HIMANIRA dan Pemda Nias Utara.

Baca juga :  Aset Cendana Dibongkar , Tommy Soeharto Terancam Bangkrut

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu menyambut baik pelantikan BPH DPP Himanira, hampir semua jajaran Pemerintah Daerah dibawa ke jakarta juga DPRD sebagai bukti Pemda mendukung dan siap menerima kolaborasi, kritikan, masukan, dan segala hal yang baik demi kelanjutan pembangunan di  kabupaten Nias Utara.

Masih kata Bupati Nias Utara di acara tersebut, meminta ada tindakan konkret sebagai hasil dari Dialog interaktif hari ini, semua Pengurus HIMANIRA diharapkan dan diminta memberikan kontribusi baik dalam bentuk ide, memberikan petunjuk mengingat HIMANIRA adanya di Jakarta sehingga memiliki informasi terkait potensi program dari kementrian yang bisa dibawa ke Nias Utara, pemda siap memberikan jaminan kemudahan dalam mengurus ijin sehingga dapat mendorong investasi di kabupaten Nias Utara.

Sementara itu, Marinus Gea dalam sesi diskusi dialog interaktif usai acara pelantikan HIMANIRA,  memberikan masukan – masukan  Pertama, dia menyampaikan pentingnya untuk fokus dalam pembangunan. Kita tahu anggaran di Kabupaten Nias Utara sangat sedikit. Dengan anggaran yang sangat sedikit tersebut maka untuk menghasilkan sebuah pembangunan, dibutuhkan focus. Dengan focus maka jelas hasilnya. “Akan menghasilkan pembangunan yang lebih baik.

Namun, bila anggaran yang kecil tersebut dibagi – bagi, pembangunannya tidak akan terselesaikan. Bahkan ketika akan dilanjutkan, apa yang sudah dibangun sebelumnya bisa jadi sudah rusak. Sehingga tidak akan terus berlanjut,” katanya.

Kedua Peranan Pemerintah Daerah dan juga Perangkat Desa dalam mengoptimalkan dana desa. Pemerintah Kabupaten bisa berkolaborasi dengan Kementerian Desa melalui Dinas Desa yang ada di Kabupaten untuk mensinergikan rencana pembangunan yang menggunakan dana desa tersebut. Sehingga tujuan pembangunan kabupaten dalam hal ini bisa tercapai. “Dan tentunya hal ini juga melihat peraturan yang berlaku. Sehingga tidak melanggar Undang – Undang yang ada saat ini tentang penggunaan anggaran dana desa tersebut. Karena cukup besar potensinya, lebih dari 130 miliar pertahun untuk Kabupaten Nias Utara,” sambungnya.
Adapun Umum HIMANIRA, Marinus Nazara dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesarnya atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara beserta OPD dan Ketua DPRD beserta anggota DPRD yang turut hadir yang membuktikan komitmen Pemda untuk bersinergi dengan Ormas khususnya HIMANIRA sebagai ormas induk dikabupaten Nias Utara.

Pada kesempatan tersebut, Marinus juga menyampaikan harus ada kolaborasi yang nyata agar pembangunan dapat berjalan maksimal dan ormas himanira dapat berperan aktif dalam melakukan fungsi sebagaimana diatur didalam AD/ART Himanira.

Baca juga :  Walikota Gunungsitoli Geram, Pelaku Usaha Masih Gunakan Trotoar Untuk Jualan
Sambutan K’Bee-Beesokhi Ndruru mewakili Ormas ormas masyarakat kepualauan Nias, di acara pelantikan BPH  Himanira, hotel Oasis Amir, Jakart,  Sabtu (30/4/2022)

Beesokhi Ndruru atau biasa disapa K’Bee selaku Wakil Sekretaris Jenderak (Wasekjen) DPP HIMNI dan Sekjen FORNISEL dalam sambutannya mewakili Ormas menyampaikan penekanan bahwasannya Ormas Kepualaun Nias, yakni HIMNI sudah kita kenal sebagai Omo sebua (Rumah Besar) masyarakat Nias, yang memperjuangkan kepentingan masyarakat kepulauan Nias di kepualauan Nias, dan Seluruh Indonesia bahkan dunia maka HIMANIRA memiliki peran yang sama khususnya dilingkungan masyarakat kabupaten Nias Utara.

Banyak talenta dan pemimpin hebat dari Nias Utara seperti salah satunya adalah Prof. Suahasil Nazara yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan RI.

Organisasi adalah tempat mendidik dan melahirkan pemimpin masa depan kepulauan Nias dan khsusnya Nias Utara, ujarnya.

Sambutan Tokoh Masyarakat Nias Firman Jaya Daely, di acara pelantikan BPH Himanira peridoe 2022 -2026, hotel Oasis Amir, Jakarta, Sabtu (30/4/2026).

Pelantikan HIMANIRA periode 2022 -2026, sebagai salah satu bukti suksesi kepemimpinan di HIMANIRA berjalan baik.

Sementara Firman Jaya Daeli selaku tokoh masyarakat Nias, menekankan banyak hal. Seperti, bagaiamana organisasi itu berperan, dan koordinasi antara stakeholder demi tercapainya tujuan berorganisasi.

Sambutan Ketua Umum HIMANIRA Marinus Nazara periode 2022 -2026, hotel Oasis Amir, Jakarta, Sabtu (30/4/2026).

Sedangakan Mantan Bupati Nias dan tokoh pemekaran kepulauan Nias, Binahati Baeha berharap hal-hal baik yang sudah dicapai oleh pemda saat kiranya tetap dapat diteruskan dan agar berhati hati dalam setiap pengambilan keputusan agar tetap memperhatikan rambu rambu dan undang undang yang berlaku.

Acara berlanjut hingga malam hari, dialog interaktif berjalan baik dan hangat dan beberapa ide yang cukup baik juga dilahirkan. Salah satunya ide K’Bee-Beesokhi Ndruru agar Pemda Nias Utara dan HIMANIRA membentuk satu komite khusus yang bertugas mencari info dan menfollowup potensi-potensi program yang ada disetiap kementrian, untuk diajukan sehingga pembangunan di Nias Utara.

Baca juga :  Pelarangan Mudik Dilakukan Demi Kebaikan Jangka Panjang

Hal ini menghemat anggaran biaya perjalanan dan juga lebih efektif serta efesien, dan komite ini harus diisi oleh orang yang memiliki kompetensi yang baik.

Usulan ini kemudian disetujui oleh Anggota DPRD Dalti Ziliwu serta ketua DPRD Sukanto Waruwu dan juga Motivator Internasional sekaligus Dewan pakar HIMANIRA, Bung Elloy Zalukhu.

(Admin)