Sekjen Kemendes Taufik Madjid : Desa Sudah Menjadi Halaman Depan Indonesia

0
165
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid, S.Sos, M.Si (Foto: Kemendes PDTT)

Jakarta, NAWACITAPOSTUNDANG-UNDANG Nomor 6 Tahun 2014 mempertegas mandat, bahwa desa adalah episentrum, cara pandang serta paradigma yang baru dalam pembangunan Indonesia. Arti lainnya, desa merupakan halaman depan dari Pembangunan Indonesia saat ini. Begitulah penegasan Sekretaris Jenderal Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid (TM) saat menjadi pembicara utama dan kunci pada saresehan pembangunan pedesaan Maluku Utara di Kantor Bupati Halmahera Barat, seperti dilansir bsk.co.id April 2021.

Baca Juga : Taufik Madjid Putra Maluku Utara Pertama Jabat Setjen Kemendes

Terkait halaman depan desa. Bagi alumni S2 UI itu sudah menjadi keharusan dan tak bisa diganggu gugat. Melangkah ke arah itu, perlu adanya tahapan-tahapan yang dilalui, salah satu utamanya SDM.  Faktor SDM menjadi penting, karena implikasi besarnya bisa menggerakan pertumbuhan perekonomian desa.

Selain SDM, Bantuan Dana Desa (BDD) sekarang formatnya Bantuan Langsung Tunai Danda Desa (BLTDD) yang digelontorkan Kemendes PDTT bisa menjadi modal kebangkitan desa dalam berbagai aspek.

Sehingga bila itu, sudah terpenuhi. Maka, bisa meredam warga desa untuk hijrah dan mencari nafkah ke kota.

Halaman depan desa, itu bukan mimpi, isapan jempol belaka,  apalagi hanya sekedar kata-kata. Melainkan sudah banyak contoh nyata, desa di Indonesia yang kini  menjadi pilar utama halaman depan tersebut.

Pergeseran desa dari belakang menjadi depan itu,  sudah terjadi. Itu tak terlepas dari sosok TM yang melakukan secara senyap, aksi dengan bukti. Namun, TM dengan rendah hati hanya berkata, itu kerja tim bukan kerja perorangan, tuturnya merendah.