*Menuju Pilpres 2024 Ganjar Pranowo Berpeluang Rebut Simpati Kantong Suara Wilayah Luar Jawa 

0
138
Situasi Pandemi Covid 19, dengan bersepeda Guberrnur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kunjungi asrama mahasiswa Papua Barat di Semarang dan memberi bantuan sembako.

*Direktur Center for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Pasrani Mendrofa

Jakarta, NAWACITAPOST – Setidaknya ada 3 variabel penting terkait peluang Ganjar pada pilpres mendatang yakni soal Parpol, Basis Elektoral dan Eksistensi.  Pertama soal Parpol tentunya Ganjar yang notabene sebagai kader PDI Perjuangan terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi namun Ganjar memiliki kompetitor internal yakni Puan Maharani yang menurut saya telah disiapkan oleh Ketua Umum Megawati untuk bertarung di tahun 2024.

Baca Juga : Kemarahan Masyarakat pada Kelompok Radikal Memunculkan Inisiatif “Warung Pancasila”

Saya melihat Puan hari ini sudah mulai mempersiapkan kekuatannya dengan propaganda yang masif melalui media sosialisasi di beberapa daerah hingga terbentuknya relawan Puan di tahun 2024. Ditambah lagi kapasitasnya sebagai Ketua DPR-RI memungkinkan Puan dapat melakukan safari politik.

Kedua, Tak dapat dipungkiri basis elektoral Ganjar akan sangat ditentukan oleh faktor Jokowi karena pada dasarnya irisannya hampir mirip yakni basis nasionalis-jawa. Tugas Ganjar memastikan preferensi basis tersebut berada bersamanya pada Pilpres 2024. Ketiga sekalipun Ganjar menjadikan status Kepala Daerah sebagai faktor untuk menjaga eksistensinya pada konstelasi politik tanah air belum dapat dikatakan aman dari kompetitor.

Perlu diketahui bersama bahwa faktor ini juga ada pada Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Artinya jika variabel ini digunakan maka peluang mereka semua sama. Disamping itu juga ekspansi terhadap eksistensi Ganjar harus diamplifikasi ke kantong-kantong suara di luar Jawa.