Capres 2024 untuk Tiga Gubernur, Survei ASI : Anies Baswedan Teratas? Netizen Bilang Urus Jakarta Aja Nggak Bener

0
563
Kiri ke Kanan : Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil. Instagram liputan 6.

Jakarta, NAWACITAPOSTKAIDAH dan parameter setiap survei harus dilakukan secara ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan. Misal, respondennya berapa, margin erornya berapa, penyebaran yang dihubungi berapa, cara menghubunginya alat apa yang digunakan, usia pendidikan? Dan hal ilmiah lainnya yang terkait survei.

Baca Juga : Sebut TGUPP Era Anies Baswedan Tidak Bekerja, Denny Siregar : Jakarta Kacau Balau

Terkait survei Calon Presiden (Capres) 2024. Lembaga survei yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) seperti Lingkaran Survei Indonesia, Indikator Politik Indonesia, SMRC, Charta Politika dan Barometer. Lembaga survei tersebut, setiap rilisnya selalu dipublikasikan melalui berbagai media dan bisa dipertanggungjawabkan.

Seperti menyoal survei  3 Gubernur,  Anies selalu dibelakang, sedangkan yang melejit Ganjar. Surveinya dilakukan bukan di Jawa Tengah,kandangnya Ganjar. Tetapi seluruh Indonesia.

Jadi terasa aneh dan janggal ada lembaga survei bernama Arus Survei Indonesia (ASI) bekerja sama dengan SocioMap Indonesia merilis hasil survei public opinion makers bertema “Menimbang Kapasitas Calon Presiden 2024”.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an menyatakan survei ini untuk mengukur aspek kapasitas dan kompetensi calon presiden 2024 mendatang. Pasalnya, modal elektabilitas saja tidak cukup untuk menjadi Presiden.

“Juga memberi alternatif informasi kepada masyarakat bahwa calon presiden 2024 bisa dilihat dari sisi kapasitas dan kapabilitas, tidak hanya informasi soal popularitas dan elektabilitas semata,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/7/202).

Berdasarkan hasil survei, diketahui Anies Baswedan memimpin semua aspek dan dinilai pakar/public opinion makers paling punya kapasitas sebagai calon presiden 2024.

“Total nilai 9 (sembilan) aspek atau semua aspek, nama Anies Baswedan tertinggi (75,44), Ridwan Kamil (74,93), Ganjar Pranowo (74,8), Khofifah Indar Parawahsah (69,79) dan Moh. Mahfud MD (69,42) masuk lima besar nama-nama yang dinilai pakar/public opinion makers paling punya kapasitas sebagai calon presiden 2024,” terangnya.

ASI dalam surveinya memberi nilai lebih kepada Anies. Namun, timbul kejanggalan. Respondennya berapa, margin erornya berapa, dimana lokasi surveinya, usia pendidikan. Intinya, yang berkaitan dengan kaidah ilmiah survei tak tergambarkan secara jelas.

Jadi, jika ASI menyatakan Anies unggul. Sementara 5 lembaga survei lainnya Anies dibawah. Bisa dikatakan ASI melakukan survei hanya di Jakarta, dan ketika ada responden yang menjawab bukan Anies, maka  tidak ditampilkan.

Masa 5 lembaga survei tidak menjagokan Anies. Survei ASI malah mengunggulkan Anies. Bahkan netizen bernama purnomo_gendon, bahwa “Survey Anis cuma dijkt cuk,,,,jangan menggiring opini…di.JKT aja tahu sendiri gmana cara kerjanya gub…sukses gak,” jelasnya.