Jendral (Purn) Moeldoko Berpeluang Besar Didukung Jokowi Di Pilpres 2024

0
465
Presiden Jokowi bersama KSP Moeldoko

Jakarta, NAWACITAPOST – Pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mulai menggeliat dan bakal seru dan ramai. Apa sebab? Petahana tidak ada, dan siapa saja boleh berlaga. tentu dengan syarat, administrasi partai dan Presiden Treshold sebesar 20 persen sesuai UU masih tetap berlaku.

Baca Juga : Aktivis 98 Siap Bela dan Kawal Moeldoko

JAJAK lembaga survei menyebut sederet nama. Prabowo Subianto dengan lokomotifnya  Gerindra,  Ridwan Kamil (RK), Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan kuda hitam Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

RK, Ganjar dan Anies. Ketiganya Gubernur di Pulau Jawa, kabarnya sudah digadang oleh Partai Nasdem, PDIP (tentative untuk Ganjar),  dan PKS.

Terkait dengan King Maker, pertarungan Pilpres 2024 masih mengandalkan figur. Seperti diungkapkan Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS) Arman Salam melihat dinamika politik menuju Pilpres 2024 mendatang.

Bahwa figur memiliki potensi besar sebagai pemenang. Aspek yang mensyaratkan dan mendasarkannya, track reccord kinerja positif yang populer, citra bagus dan terus dijaga. Itu sebagai modal besar kontestan, jelas Arman seperti dikutif WE, Kamis 13 Mei 2021.

Terkait dengan King Maker yang dimiliki Presiden Jokowi menuju 2024, bahwa Jokowi  mampu mengendalikan kekuatan penuh birokrasi dan sumber – sumber finansial, serta bisa melakukan bargaining.

Lebih daripada itu, kehati-hatian, kecermatan, ketelitian dan tidak gegabah  sangat lengkap dimiliki Jokowi dalam memilih penggantinya.

Aspek yang dimiliki Jokowi itu, tak lepas dari melekatnya sebagai kader PDIP dan terikat dengan kepentingan partai terus dijaga.  Terbukti, selama ini hubungan harmonis antara Jokowi dan Presiden RI ke – 5 selalu baik.

Banyak hal dilakukan Jokowi diperiode pertama dan periode kedua tahun ke dua ini. Mendistribusikan berbagai partai dalam kabinet, dan pimpinan utama legislatif, tak lepas dari kepiawaian Jokowi memainkan kesinambungan terjaga dengan baik bersama partai terutama PDIP.

Kembali kepada kuda hitam, Moeldoko. Peluangnya bisa dimaksimalkan dan yang bisa melakukannya adalah Jokowi. Terutama  cara memformatkan dan menyampaikannya pada partai-partai pengusung terutama PDIP.

Jika, bicara aspek pembangunan berkelanjutan, maka Moeldoko yang mungkin bisa melaksanakan apa yang telah dirintis, dibangun dan diselesaikan Jokowi. Sebab, pilpres 2024 ini selain figur memang dibutuhkan. Jangan lupa hal baik  membangun peradaban bangsa dan pembangunan lainnya yang  telah dilaksanakan Jokowi, harus terus dilanjutkan. Dan tongkat estafet itu yang bisa menjalaninya, Moeldoko.

Sepertinya, KSP Moeldoko berpeluang besar didukung Jokowi menuju 2024.