Sarman Simanjorang : Hari Bakti Imigrasi Ke -71 Semakin Jaya dan Berkibar

0
368

Jakarta, NAWACITAPOST – Sebagai pelaku usaha, motivator dan bergelut serta berjuang bersama UMKM membuatnya tak asing bagi wiraswasta. Layak disematkan kepada Sarman Simanjorang sebagai Bapak pengayom  pelaku ekonomi kecil dan menengah.

Baca Juga : Sarman Simanjorang Pendamping Yang Selalu Dimintai Pendapatnya

Saat sebelum pandemi Covid 19 merebak di Indonesia. Sarman kerap membantu pelaku UMKM untuk berguru  atau belajar  ke berbagai negera di dunia ; Jepang, Tiongkok, Korea, dan negara lainnya. Nah, untuk keberangkatan (UMKM) tersebut, dibutuhkan syarat umum, yaitu pasport.  Kala pandemi pun Sarman tetap membantu, tapi dalam skala terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sebab, pasport adalah syarat utama seseorang dari negara A berada dinegara B dianggap sebagai warga legal dan tidak dicurigai, dan bisa melaksanakan aktiviats yang dianggap perlu, dalam hal ini misalnya berguru di negara tersebut.

Sarman bukan hanya pandai bergaul dan memberi motivasi dalam perkataannya, serta dikenal luas karena acap kali tampil menghiasi pemberitaan media elektronik dan online. Melainkan, misalnya dibuktikan dengan bantuan pengurusan pasport kepada pelaku UMKM yang akan belajar dan mungkin mengembangkan usahanya di luar negeri.

Tak terhitung uluran tangan Sarman membantu pengurusan paspor (kolektif) bagi UMKM. Sebab, baginya membantu diibaratkan tangan kanan memberi, maka tangan kiri tak perlu tahu.  Begitu tulus dan cintanya Sarman kepada UMKM,  hal itu membuat UMKM semangat berusaha.

Sehingga di Hari Bakti Imigrasi (HBI) yang ke 71, Sarman mengucapkan selamat berulang tahun HBI semakin jaya dan berkibar.