Imigrasi Sabang Raih Dua Penghargaan di Tahun 2020

0
107
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Arief Hanafi SiP,, MM

Sabang, NAWACITAPOST -Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang berhasil meraih penghargaan pelayanan publik berbasis HAM sebagai Unit Pelayanan Teknis (UPT) dari Menteri Hukum & HAM RI pada tahun 2020. Penghargaan tersebut didapat dari beberapa indikator penilaian, mulai dari fasilitas hingga pelayanan berbasis HAM yang diberikan oleh pegawai Imigrasi Sabang. Selain itu Imigrasi Sabang juga mampu mempertahankan gelar sebagai Satuan Kerja (Satker) terbaik di lingkungan Kanwil Kemenkumham Aceh dalam menggunakan SISUMAKER (Sistem Informasi Surat Masuk Keluar) selama 3 tahun berturut-turut. Rabu, 20 Januari 2021.

Baca Juga : Kanim Takengon Raih Wilayah Bebas Korupsi dari Kementrian PAN RB 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang, Arief Hanafi mengatakan dua penghargaan tersebut merupakan hasil dari kinerja dan komitmen seluruh pegawai Kantor Imigrasi kelas II TPI Sabang, juga sebagai nutrisi dan semangat baru untuk tahun yang akan datang. “Dengan diraihnya dua penghargaan ini tentu saya sangat bersyukur, ini bagian dari hasil kinerja dan komitmen seluruh pegawai di kantor Imigrasi Sabang, saya berharap momen ini dapat menjadi semangat baru untuk terus di pertahankan”, Ungkap Arief.

Di lain kesempatan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang melalui Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikkim), Fadli Saputra mengatakan “Di tengah pandemi corona virus disease (covid-19) jumlah statistik penerbitan paspor kita di tahun 2020 menurun drastis menjadi 222 passpor dari 1382 paspor di tahun 2019, sedangkan Izin Tinggal yang diterbitkan oleh Imigrasi Sabang untuk orang asing juga menurun signifikan hingga 90% dari tahun 2019, namun kita tetap berusaha memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.” Hal tersebut di buktikan dengan adanya inovasi program layanan “Eazy Passport”. Layanan tersebut merupakan bentuk antisipasi di tengah pandemi agar tidak terjadi kerumunan dan antrian di ruang publik. Pemohon tidak perlu datang ke kantor dan petugas Imigrasi yang akan menghampiri pemohon untuk proses pembuatan paspor.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang juga menggelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing oleh tim PORA di akhir tahun 2020 kemarin, sebagai wujud dari penegakam hukum keimigrasian, juga sebagai bentuk koordinasi, kolaborasi dan sinergisitas bersama beberapa instansi terkait di Kota Sabang.

 

(Humas Kanim Sabang)