Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Tak Naik Pada Tahun Anggaran 2021

0
273
Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Tak Naik Pada Tahun Anggaran 2021

NAWACITAPOST-  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak naik pada tahun anggaran 2021. Hal ini di sampaikan oleh Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Direktorat Jendral Anggaran Kemenkeu Didik Kusnaini.

Didik mengatakan pada Kamis (5/11). Kebijakan gaji PNS tahun depan masih sama dengan 2020. Ia juga menyampaikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 ASN akan diberikan full dan tak dihilangkan seperti di tahun atau saat keuangan negara tertekan dampak pandemi covid-19.

“Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 ASN tetap full,” ucapnya.

Baca Juga : Seorang Guru SMAN 58 Jakarta Mengajak Murid Memilih Ketua OSIS yang Satu Agama, Riza : Bisa Dijatuhi Sanksi

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa, pemerintah memastikan pemberian gaji ke-13 ASN akan diberikan secara penuh. “Pemerintah tetap akan mengembalikan lagi pemberian gaji ke-13 dan THR sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu pemberian gaji ke-13 Dan THR dengan perhitungan yang penuh, yaitu sesuai dengan tunjangan kinerja,” ucap Sri.

Dia juga menyebutkan bahwa, pemberian kedua bonus gaji kepada para abdi negara akan dilakukan dengan perhitungan yang hati-hati agar rencana belanja pegawai tetap efisien dan sesuai dengan reformasi birokrasi ke depan. Pengendalian jumlah pegawai juga akan dilakukan seiring perubahan pola kerja dan proses bisnis.

Secara total pemerintah mengalokasikan belanja negara mencapai Rp2.747,5 triliun pada tahun depan. Alokasi terbagi menjadi Rp1.029,9 triliun untuk belanja kementerian/lembaga dan Rp921,4 triliun untuk non k/l.