Seorang Guru SMAN 58 Jakarta Mengajak Murid Memilih Ketua OSIS yang Satu Agama, Riza : Bisa Dijatuhi Sanksi

NAWACITAPOST-  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku prihatin dengan tindakan berbau SARA oleh salah satu guru di SMAN 58 Jakarta.

Riza mengatakan pada Rabu (4/11). Guru tersebut bisa diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku “Nanti kita minta Dinas Pendidikan untuk mengatur,” ujarnya.

Salah satu guru SMAN 58 berinisial TS mengajak murid memilih ketua OSIS yang satu agama lewat sebuah pesan. Imbauan itu diberikan TS dalam sebuah grup WhatsApp bernama ‘Rohis 58’. Tangkapan layar pesan dalam grup Whatsapp itu kemudian beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Twitter @digeeembokFC.

Dalam pesan itu, TS mengimbau agar para anggota grup untuk berhati-hati memilih ketua OSIS. Mereka diminta untuk memilih ketua OSIS yang seagama.

Baca Juga : Polres Pelalawan Ciduk 2 Orang Terduga Pelaku Tindak Pidana Narkotika

Riza menilai tindakan guru tersebut salah. Seorang tenaga pendidik tidak boleh melakukan hal-hal yang mengarah perlakuan rasis. “Tidak boleh seorang pendidik, apalagi guru mengatur atau intervensi soal pilihan-pilihan OSIS,” tegasnya.

Lanjutnya, guru tersebut sudah meminta maaf dan menyadari perbuatannya itu salah. Ia juga telah menginstruksikan agar Dinas Pendidikan dapat menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. “Saya sendiri belum menerima laporan persisnya seperti apa. Harapan kami nanti Dinas Pendidikan bisa menyelesaikan dengan baik,” sambung Riza.

Sementara itu, Polres Metro Jakarta Timur saat ini tengah mendalami laporan yang dibuat oleh murid terhadap guru SMAN 58 Jakarta tersebut. Hal itu terkait seruan TS, selaku terlapor yang diduga mengajak para muridnya untuk memilih ketua OSIS yang satu agama. Dan kemudian, Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Stefanus Tamuntuan menyebutkan bahwa, laporan terhadap guru itu telah diterima kepolisian pada 2 November lalu.

Baca juga :  Kompak, TNI-Polri di Bojonegoro Bersama Satpol PP Perbaiki Rumah Warga Akibat Angin Puting Beliung