Bambang Brodjonegoro : Tiga Usulan di Bidang Riset dan Inovasi yang Potensial

0
50
Bambang Brodjonegoro : Tiga Usulan di Bidang Riset dan Inovasi yang Potensial

NAWACITAPOST.com- Indonesia dan Turki telah melakukan penjajakan untuk kerja sama potensial dan memperkuat bilateral kedua negara untuk bidang riset dan inovasi.Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro.

Bambang mengungkapkan, ada tiga usulan di bidang riset dan inovasi yang potensial. Misalnya rencana kolaborasi riset dan pengembangan vaksin COVID-19 baik skema mandiri berdasarkan litbangjirap dan skema uji klinis dari vaksin COVID-19.

“Kerja sama pengembangan industri kedirgantaraan antara lain kerja sama pesawat N-219 dan R-80 dan kerja sama di bidang ruang angkasa untuk pengembangan teknologi satelit dan pengembangan airport untuk peluncuran satelit,” kata Bambang dalam keterangan resmi, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga : Hari kedua Idul Adha 1441 H, Banyak Masyarakat Berkunjung Kepantai

Hubungan kerja sama Indonesia dan Turki dalam bidang kedirgantaraan sudah terjalin sejak lama. Diketahui melalui Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, Turki telah melakukan pendekatan secara politis kepada Indonesia untuk melakukan kerja sama pengembangan civilian aircraft project atas pesawat tipe N-219, N-245, dan R-80.

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) Elfien Goentoro, menjelaskan bahwa saat ini PT DI telah memiliki MoU dalam bidang manufaktur dan produksi bagian pesawat tipe N-219 dan N-245 dengan Turki, yang mana saat ini pengembangan pesawat N-219 sudah siap untuk tahap komersialisasi.