Jakarta, NAWACITAPOSTBagi banyak orang, Israel adalah negara yang patut dan harus dimusuhi. Namun, tidak bagi Pengamat militer Dr. Connie Rahakundini Bakrie. Connie menuturkan dirinya pernah tinggal di Israel, karena menjadi peneliti dan dianggap tamu negara penting bagi Israel. Mendapat pengawalan dari Israel Defense Forces  (IDF) – Militernya Israel  selama 24 jam. Connie, sampai terharu dan bangga  berada di Israel.

Baca Juga : Palestina Vs Israel, Bukan Konflik Islam – Kristen, Melainkan Terjebak Dalam Konflik Kepentingan

BAGI Connie, Israel adalah negara yang berdaulat dan cinta perdamaian. Buktinya pasca perang Yom Kipur (6 Oktober 1973 – 25 Oktober 1973). Israel menawarkan diri untuk membuka hubungan diplomatik dengan Yordania dan Mesir.

Tahun 2017 melalui Abraham Accord, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Oman melakukan hal sama seperti Mesir.

Seperti dilansir  repubulik.co.id “Sudah saatnya Indonesia bertindak konkret agar bisa lebih memahami Israel dengan membuka hubungan diplomatik sehingga ada diskusi lebih lanjut,” ujar Connie, Sabtu (26/9/2020).

Connie menandaskan Indonesia tidak mungkin dapat berperan secara konkret dalam mendamaikan Israel dan Palestina, jika hanya condong ke salah satu pihak. Dia menilai normalisasi hubungan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain dengan Israel jangan dipandang sebagai bentuk pengkhianatan terhadap kemerdekaan Palestina.

Tidak menutup kemungkinan semakin banyak negara-negara Arab yang membuka hubungan dengan Israel, maka kemerdekaan Palestina dapat segera terwujud. Connie mengatakan dengan membuka hubungan diplomatik,maka kedua negara dapat saling memahami satu sama lain.

“Indonesia sebagai negara mayoritas Islam dan besar, bisa buka hubungan diplomatik dengan Israel agar bisa memahami seluk beluknya,” ujarnya.

Di sisi lain, Israel merupakan salah satu negara yang memiliki teknologi pertahanan dan kemampuan militer sangat canggih. Hal ini yang membuat negara-negara Arab pada akhirnya membuka mata dan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Baca juga :  Mahfud: Rizieq bermasalah dengan Pemerintah Arab Saudi

Atau mungkin, Indonesia mau buka hubungan diplomatik dengan Israel, setelah Arab Saudi buka kedubesnya di Israel?

Wanita muslim dan berpikir secara logika, bahkan Massachusetts Institute of Technologi (MIT), kampus berbasis di Amerika menyebut Connie pemimpin masa depan.

Terkait Israel,  “Aspek-aspek kehidupan Israel telah menjadi teladan  bagi bangsa-bangsa, karena itu dunia tidak punya alasan apapun untuk membenci, mencibbir, menghina, meremehkan apalagi  memusuhi  bangsa  Israel, sebab Israel adalah bangsa pilihan yang diberkati Tuhan, ” tutur Connie yang merasa dihargai tinggal di Israel  yang diungkapkan dalam Chanel Youtube Mrvituspolikarpus, Selasa (18/5/2021).