Wabah Covid-19 Melanda Penjara Filipina,Ribuan Narapidana Dibebaskan

4
256
Foto : Situasi kepadatan narapidana

Manila,Nawacitapost.com – Mengantisipasi penyebaran Covid-19 dinegara Filipina . Salah satu nya di penjara yang Overload (Kelebihan) yang dimana diketahui bahwa ada 9.731 tahanan yang telah dibebaskan di filipina. Pembebasan dilakukan berdasarkan pertimbangan dari Mahkamah Agung Filipina

Seperti yang dilangsir kantor berita AFP “Pengadilan menyadari bahwa situasi yang penuh sesak (Overload) dipenjara kita”, terang hakim mahkamah agung filipina,Mario Viktor Leonen kepada wartawan saat diumumkan pembebasan para tahanan.

Langkah yang diambil ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan perintah menyusul ke pengadilan negeri untuk bisa membebaskan Narapidana dari penjara karena tidak mampu membayar uang jaminan sembari menunggu proses persidangan.

Baca Juga :

Adapun kategori tertentu dalam pembebasan narapidana, yakni hanya memiliki masa tahanan enam bulan atau di bawahnya, sudah berusia lanjut, atau sedang sakit. Mereka dibebaskan antara tanggal 17 Maret dan 29 April

Informasinya bahwa wabah Covid-19 dilaporkan telah terjadi di sejumlah penjara yang oveload di negara tersebut yang berdampak pada narapidana dan petugas . Wabah covid-19 ada di dua penjara di pulau Cebu yang dimana dua penjara itu diumumkan total 348 kasus covid-19 antara lebih dari 8 ribu tahanan.

Pemerintah menerapkan Social Distancing,Namun hal ini tak mungkin diberlakukan di setiap penjara yang ada di filipina,diketahui sendiri bahwa penghuni sel-sel tersebut biasanya lebih banyak dari kapasitas. Dengan adanya pembebasan para narapidana ini bisa meminimalisir penyebaran covid-19 dan sesuai prosedur yang berlaku.

Comments are closed.