Rizieq Minta Maaf, Polisi Tetap Lanjutkan Proses Hukum

0
365
Rizieq Minta Maaf, rabu (2/12/2020)

Jakarta, NAWACITAPOST – Akhirnya permintaan maaf itu keluar dari mulut Rizieq. Setelah balihonya diturunkan, diduga kabur dari RS Ummi Bogor, dan dilayangkan surat panggilan Polda Metro Jaya, dan Polda Jabar.

Baca Juga : Rizieq Dipanggil Polisi, Ciut dan Ketakutan

Penyampaian Rizieq minta maaf hanya soal kerumunan massa di Bandara Soekarno Hatta, Pondok Ranggon, Tebet, Megamendung (Bogor) dan Petamburan. Kerumunan itu diluar kendalinya. Besan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad itu menyampaikan permohonan maaf secara daring melalui  Youtube Front TV, Rabu (2/12/2020)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes  Pol Yusri Yunus, Rabu (2/12/2020) menegaskan bahwa walaupun Rizieq dan PA 212 sudah meminta maaf, proses hukum terhadap dugaan pelanggaran protokol kesehatan yaitu kerumunan di Bandara Soekarno Hatta dan Pertamburan.

Kombes Yusri mempersilahkan Rizieq minta maaf ke masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jakarta tetapi penyidikan tetap berjalan tentang pelanggaran protokol yang terjadi di Petamburan tentang adanya akad nikah anak dari saudara MRS,” ujarnya Rizieq dan menantunya, Hanif Alatas, sudah dijadwalkan akan diperiksa Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Desember 2020.

Pertanyaannya, apakah pemeriksaan Polisi ke ke Rizieq, dia bakal ditahan atau dilepaskan. Hanya penyidik polisi yang tahu?

Pasalnya, Polda Metro Jaya telah meningkatkan status kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan kerumunan massa MRS dari penyelidikan ke penyidikan. Hal senada juga dilakukan Polda Jabar bahwa  dari penyelidikan ke penyidikan, karena adanya pelanggaran protokol kesehatan berupa kerumunan massa di Megamendung, Bogor.

Penyidik menemukan adanya unsur pelanggaran pidana. Yang dilanggar UU nomor 4 tahun 1984 pasal 14 14 ayat 1,  dan UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarintanaan kesehatan.

Ada dugaan bahwa permintaan maaf Rizieq  dilakukan secara sukarela  atau karena adanya perintah dari kepentingan besar yang menggunakan jasa Rizieq. Yang jelas Rizieq bakal diperiksa untuk proses hukum oleh dua Polda. Dan, apakah kepergiaanya ke Polda tersebut ada konvoi, arakan dan pengawalan dari FPI. Bisa ya bisa juga tidak.