Megawati Soekarnoputri Bakal Usulkan Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Capres 2024?

0
601
Foto : Gubernur Jateng Ganjar dan Ketua DPR Puan Maharani

Jakarta, NAWACITAPOST – Calon Presiden (Capres) 2024 sedari kini sudah mulai digaungkan. Beberapa nama pun sudah bermunculan. Berbagai spekulasi pun sudah beredar luas di media sosial. Termasuk juga pencalonan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kabarnya sedang gunjang ganjing. Ada dua calon nama yang santer dibicarakan di publik. Yaitu Puan Maharani yang kini menjabat Ketua DPR RI dan merupakan putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sementara, Ganjar Pranowo kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Lantas Megawati bakal mengusulkan Puan Maharani atau Ganjar Pranowo?

Foto : Ganjar kasih lukisan ke Megawati

Belum lama viral bahwa ada sesuatu yang diperbincangkan didalam tubuh PDIP. Lantaran tiba – tiba saja Ganjar tidak diundang dalam agenda DPD PDI Perjuangan Jateng. Padahal, agenda tersebut adalah pengarahan kader untuk penguatan soliditas partai menuju Pemilu 2024. Acara konsolidasi itu dipimpin oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Lalu tidak diundangnya Ganjar pun dibenarkan oleh Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto. “Tidak diundang (Ganjar Pranowo). Wis kemajon (kelewatan), yen kowe pinter, ojo keminter (bila kamu pintar, jangan sok pintar),” katanya pada (23/05/2021).

BACA JUGA: Beda, Era Kepemimpinan Anies Baswedan dan Ahok Soal ASN Tak Mau Lelang Jabatan

“Hal ini ditengarai dengan tingginya intensitas Ganjar di media sosial dan media massa. Bahkan Ganjar sampai rela menjadi host di Youtube-nya, padahal hal serupa tak dilakukan oleh kader PDIP lain yang juga berpotensi untuk nyapres. Wis tak kode sik. Kok soyo mblandang, ya tak rodo atos. Saya di-bully di medsos, ya bully saja. Saya tidak perlu jaga image saya. Hal ini disampaikan bukan sebagai teguran bagi Ganjar yang juga kader PDIP. Ini bukan teguran, karena ia merasa lebih tinggi dari kita (DPD PDIP Jateng). Dia merasa yang bisa menegur hanya Ibu (Ketua Umum Megawati Soekarnoputri). Tapi kalau dengan orang politik, ya pasti sudah paham arahnya ke mana,” ungkap Bambang Wuryanto.

Foto : Ketua DPD PDIP Bambang Wuryanto

Saat dikonfirmasi dalam kesempatan berbeda, Ganjar mengaku tidak diundang dalam kegiatan partainya di provinsi yang dipimpinnya. “Ketemu temen – temen sepeda, bawa sepeda, ‘pak kita cobain anu yo pak, jalan baru’ katanya. Saya tidak diundang (acara PDI-P). Sebagai kader wajib hadir,” tuturnya. Bahkan diduga waktunya sehari sebelumnya pun diketahui, ada pertemuan antara Ganjar dengan Megawati. Ganjar mendatangi rumah Megawati di Menteng, Jakarta Pusat. Kala itu, dia menyerahkan lukisan karya seorang seniman Djoko Susilo yang diberikan untuk Megawati. Pertemuannya dengan Megawati diabadikannya dalam video yang kemudian diunggahnya ke media sosial.

Foto : Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri

Dalam video berdurasi singkat itu, Ganjar mengenakan pakaian batik usai menyerahkan sebuah lukisan dengan sosok Megawati dikelilingi anak – anak dari beragam etnis dan agama. “Pak Joko, lukisan sudah diterima ibu. Ibu seneng banget gambar anaknya ceria – ceria. Monggo bu ke Pak Joko, pesannya apa Bu,” kata Ganjar dalam video tersebut. “Nggih. Pak Joko maturnuwun nggih. Sesuai seperti yang saya inginkan. Sekali lagi matur nuwun,” kata Megawati yang langsung menimpali. Video pertemuan Ganjar dan Megawati itu pun sempat diunggah di akun milik @djokosusilopainting pada (22/05/2021). (Ayu Yulia Yang)