Ketua DPRD Serang Bahrul Ulum, Penggembala Kerbau Bareng Jajaran Siap Bawa Perubahan

0
209
Foto : Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum

Jakarta, NAWACITAPOST – Hidup setiap orang tidak ada yang tahu. Menjadi rahasia Tuhan untuk perjalanan hidup setiap orang. Termasuk juga dirasakan oleh Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Serang, Bahrul Ulum. Tidak pernah dia bermimpi akan dipercaya sebagai pejabat public menyuarakan aspirasi rakyat. Dia tidak pernah menyangka bahwa bisa memegang amanah sebagai seorang politisi. Sebab memang bukanlah impian atau cita – citanya. Politisi Partai Golkar (Golongan Karya) yang kini menduduki posisi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang semasa kecilnya hanyalah seorang penggembala kerbau. Orang tuanya seorang petani dan pedagang di Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang.

Foto : Susunan struktur DPRD Kabupaten Serang

Ketua DPRD Kabupaten Serang ini memiliki program bersama jajaran yang siap membawa perubahan. Kesemua selalu mengedepankan hak dan kewajiban DPRD alam mengemban amanah banyak orang. DPRD memiliki hak interpelasi, angket dan menyatakan pendapat. Memiliki kewajiban diantaranya memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 dan Peraturan Perundang – Undangan, mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adapun juga visi yang ingin membawa perubahan. Yaitu terwujudnya kinerja DPRD yang optimal dalam melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan daerah untuk menyukseskan visi dan misi Kabupaten Serang.

Foto : Struktur Komisi DPRD Kabupaten Serang

Sementara untuk misinya pun tak kalah bombastis. Yakni meningkatkan fungsi legislasi secara proaktif dan aspiratif untuk kepentingan masyarakat, meningkatkan fungsi anggaran dengan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, meningkatkan fungsi pengawasan secara bertanggung jawab dan memperkuat kelembagaan DPRD dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan dengan memperhatikan hak dan kewajiban lembaga dan anggota DPRD. Komisi DPRDnya terdiri dari 4 Komisi yang membidangi pemerintahan dan hukum, kesejahteraan rakyat, ekonomi dan keuangan serta pembangunan.

Foto : Struktur Komisi DPRD Kabupaten Serang

Namun, siapa sangka Bahrul sejak kecil hingga remaja dia menghabiskan waktunya untuk menggembalakan kerbau milik orang tuanya. Pria yang lahir pada 7 Maret 1976 di Kampung Ciguha, Desa Carenang, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, sering menggembalakan kerbau sepulang sekolah. Tak hanya itu, setiap harinyad ia juga harus menyusuri jalanan licin saat akan menuju sekolahnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Carenang III. “Dulu itu waktu masih kecil saya menggembalakan kerbau milik orangtua saya sepulang sekolah. Jadi politisi itu bukan cita – cita saya sebenarnya,” kata Ulum saat ditemui di sela-sela kegiatannya, pada (19/9/2019).

BACA JUGA: Menkumham Yasonna dan Sahabat Gowes, Bangkitkan Perputaran Ekonomi UKM

Lulus dari Sekolah Dasar, cita – cita yang ada dibenaknya ingin menjadi seorang tentara. Namun, keinginannya itu bertolak belakang dengan keinginan kedua orangtuanya. Ayah dan ibunya tidak menyetujui Ulum untuk menjadi seorang tentara. Alasannya kedua orang tuanya tak punya biaya. Tak pelak keinginannya hanyalah menjadi angan belaka. Dia mau tak mau menelan pil pahit akan cita – citanya. Kemudian, seiring berjalannya waktu, setelah lulus dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Manbaussalam dan melanjutkan ke Madrasah Aliyah (MA) Manbaussalam, dia aktif dalam organisasi kepramukaan.

Foto : Jajaran DPRD Kabupaten Serang

Setelah lulus dari MA dan berbekal ilmu dari organisasi kepramukaan, Ulum mengikuti tes seleksi anggota Bintara Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Hanya saja, keinginannya itu kembali mendapat penolakan dari ibunya dengan alasan kakeknya merupakan mantan Pejuang Tanah Air (PETA) yang selalu meninggalkan keluarganya. “Sempat mencoba mendaftar tes seleksi bintara ABRI kalau sekarang TNI. Tapi ditolak ibu saya karena dulu kakek saya mantan pejuang PETA yang sering meninggalkan keluarga. Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah,” tuturnya.

Foto : Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum

Ulum akhirnya memutuskan untuk kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Jati Serang yang saat ini Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten. Duduk di bangku kuliah dia aktif di berbagai organisasi seperti Angkatan Muda Siliwangi (AMS) dan Angkatan Pembaharuan Muda Indonesia (AMPI) tingkat Kabupaten Serang. Kedua organisasi ini sudah dikenal Bahrul Ulum saat sekolah di MA. Yang mengenalkannya organisasi kepemudaan (OKP) itu adalah pembina kepramukaan di sekolahnya. Hingga diawal reformasi bergulir, dia aktif dalam OKP yang berafiliasi pada Partai Golkar tersebut.

Foto : Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum

Lalu kini Ulum mulai memetik buah manisnya. Dia terpilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Serang. Dia mengaku, motivasinya untuk menjadi seorang politisi yaitu ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Terlebih lagi bisa memberikan manfaat bagi tanah kelahirannya dalam konteks pembangunan. “Saya ingin bisa memberikan manfaat bagi semua orang. Khususnya bagi tanah kelahiran saya dan orang tua di Carenang dan Tirtayasa. Saya harus mewujudkan keinginan warga Dapil I yang telah mendukung dan memilih saya sampai sekarang,” tutupnya. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Ormas Nias Minta Ditangkap Pengedar Bandar Narkoba di Kepulauan Nias