Amien Rais – Abdul Somad Berpeluang Pimpin FPI Versi Baru

0
490
Foto : MRS, Amien Rais & Abdul Somad

Jakarta, NAWACITAPOST – Front Pembela Islam bertransformasi menjadi Front Persatuan Islam. Masih sama kalau disingkat FPI. Hanya berbeda kata di tengah saja. Tak butuh waktu lama sejak pembubaran Front Pembela Islam (FPI), para pengurusnya membuat organisasi baru lagi. Namun, FPI harus kehilangan sosok pemimpinnya. Yakni bernama Habib Muhammad Rizieq Shihab (MRS/HRS). Lantaran dia telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Isunya akan ada pemimpin baru. Amien Rais – Abdul Somad berpeluang pimpin FPI versi baru?

Foto : Amien Rais dan Abdul Somad

Diketahui Abdul Somad yang dikenal sebagai sosok ustadz, menemui Amien Rais pada (30/10/2020) lalu. Waktu pertemuan mereka sebelum FPI dibubarkan. Namun keduanya dikaitkan bakal mengisi kekosongan kepemimpinan FPI versi baru. Pertemuan keduanya membicarakan tentang kebangsaan. “Manusia itu dirusak, hawa nafsunya, dunia dan setan. Maka hati – hati. Dulu ulama mengetuk pintu langit, sekarang juga mengetuk pintu penguasa. Sulit untuk mengetuk kalau tangan sudah berisi dolar dan materi. Antum lebih tahu itu,” kata Amien Rais kala itu.

Foto ; Amien Rais dan Abdul Somad

Amien Rais memang dikenal sebagai sosok yang kerap melontarkan kritik pedas dan kontrol yang dilakukannya dengan gaya dan caranya sendiri. Senada dengan Amien Rais, Abdul Somad juga memberikan kritikan pedas. Ustadz Abdul Somad (UAS) menyampaikan kritikan pedas kepada petugas kepolisian yang menembak mati enam laskar FPI. Dia mendesak agar kasus yang terjadi di km 50 Tol Jakarta-Cikampek pada (7/12/2020) dini hari itu diusut tuntas sampai kebenaran bisa terungkap. Komnas HAM, lanjutnya, harus segera membentuk tim independen mengusut tuntas supaya fakta segera dapat terungkap.

Foto : Abdul Somad

Dia mengingatkan, para aparat yang terlibat dalam kasus tersebut suatu saat akan memiliki anak. Bisa merasakan bila keturunannya diperlakukan seperti itu. “Ingat, kau juga akan punya anak. Kau juga akan punya keturunan. Bagaimana kalau anakmu yang dikandung istrimu sembilan bulan 10 hari dibesarkan dengan tetes air mata, diperlukan seperti itu,” serunya. Dengan nada marah, UAS mengatakan, enam pemuda yang tertembak mati itu punya orang tua. Mereka bukan lahir dengan sendirinya. “Wahai aparat, enam orang itu bukan anak kucing, enam orang itu manusia, sebaya dengan anak-anakmu. Tak beriman sampai kau sayang kepada saudaramu. Tak beriman kamu sampai ada rasa saudaramu,” ucapnya.

Foto : Amien Rais

Kemudian Amien Rais juga menunjukkan pembelaan terhadap MRS. Bahkan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan. Bahwa dari dulu Amien Rais dengan Habib Rizieq sudah dekat. “Amien Rais dan Habib Rizieq Shihab masih berada dalam barisan yang sama,” ujar Ujang Komarudin, pada (20/12/2020). Lanjutnya, Amien Rais dan Habib Rizieq merupakan barisan oposisi rakyat terhadap pemerintah. “Karena kedekatan personal itu pula, AR getol membela HRS. Dan itu wajar-wajar saja,” ujarnya.

Foto : Amien Rais – Abdul Somad Berpeluang Pimpin FPI Versi Baru

Seperti diketahui, Amien Rais merupakan salah satu tokoh yang berkunjung begitu Habib Rizieq pulang dari Arab Saudi. Disebutkan, pada momentum itu keduanya juga berbicara soal politik kebangsaan. Bahkan, Habib Rizieq sempat berkelakar menanyakan positioning Amien terhadap pemerintah. ”Pak Amien masih oposisi kan?” tanya Habib Rizieq. Ketika Habib Rizieq akhirnya ditahan polisi, Amien menjadi salah satu yang bersuara paling keras. Lewat serangkaian pernyataan dalam sejumlah video di saluran youtube, Amien mengkritik penahanan Habib Rizieq dan mengingatkan pemerintah soal yang mungkin terjadi sebagai akibatnya. Sehingga bisa dikatakan, tidak menutup kemungkinan keduanya berpeluang menjadi pimpinan FPI versi baru. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Refleksi Tahun 2020, Yasonna Laoly Persembahkan Segudang Prestasi untuk Negeri