www.nawacitapost.com
Rutan Poso Gelar Sosialisasi Terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

Poso, NAWACITAPOST.COM – Sejak Pandemi Covid 19 melanda dunia yang secara signifikan berpengaruh terhadap hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk aktivitas kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam Lapas dan Rutan. Salah satu yang paling kontras adalah penutupan kunjungan langsung atau tatap muka yang merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran.

Angin segar berhembus bagi WBP maupun keluarganya yang ingin bertemu secara langsung seiring terbitnya Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme terhadap Layanan Kunjungan secara tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar. Jelang pembukaan kunjungan tatap muka bagi WBP, Rutan Poso Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi terhadap WBP Rutan Poso bertempat di Aula Kunjungan Rutan Poso, Selasa (05/06/2022).

www.nawacitapost.com

Dihadapan WBP, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan M. Yusuf didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan I Wayan Beny Kurniawan menyampaikan bahwa dengan adanya Surat Edaran Dari Ditjen Pas tersebut menjadi dasar untuk membuka kunjungan tatap muka namun dengan ketentuan yang berlaku.

“Alhamdulillah kabar baik bahwa kunjungan untuk tatap muka akan segera dibuka, sesuai dengan rencana kunjungan tatap muka akan mulai berlaku besok tanggal 6 Juli 2022 namun ada beberapa persyaratan yg harus dipatuhi.” Jelas M. Yusuf.

www.nawacitapost.com

Beliau juga menjelaskan, beberapa syarat untuk kunjungan tatap muka antara lain merupakan keluarga inti, penasehat/kuasa hukum, dan perwakilan kedutaan besar/konsulwn untuk warga binaan WNA; telah menerima vaksin ketiga; bagi yang belum mendapatkan vaksin ketiga, wajib menunjukkan hasil swab/rapid test dengan hasil negatif; setiap WBP hanya dapat kesempatan 1 kali kunjungan dalam seminggu pada jam kerja; kunjungan bagi tahanan dewasa/anak diberikan setelah mendapatkan izin dari pihak penahanan.

Baca juga :  Luncurkan Tim Tanggap Insiden Siber, Kemenkumham Tanggap Hadapi Perang Siber

(Humas Rutan Poso)