www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Bali adalah satu wilayah bagian Indonesia yang sangat indah dengan perpaduan keanekaragaman budaya maupun keindahan alamnya. Maka tak heran memang pantas jika dijadikan sebagai tujuan untuk berwisata. Tentunya ketika berwisata ke suatu tempat hal yang dicari salah satunya adalah kuliner.

Bali juga menawarkan berbagai macam kuliner yang bisa dicoba mulai dari cita rasa asin hingga manis. Makanan-makanan itu jugalah yang menjadi daya tarik para wisatawan, sebab makanan khas Bali tidak ditemukan di daerah lain. Makanan khas Bali memang unik, bukan hanya dari rasa yang unik namun penamaannya juga unik. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa makanan dari Bali yang bisa dicoba saat datang ke Bali yaitu:

  1. Ayam Betutu

Makanan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Olahan ayam yang satu ini memang selalu mampu menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Ayam betutu diolah dengam bumbu rempah seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri, dan rempah lainnya yang membuat rasanya semakin kaya.

  1. Sate Lilit

Sate menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Namun sate khas Bali ini berbeda dengan sate jenis lainnya. Jika sate pada umumnya ditusuk dengan menggunakan tusuk sate dari bambu kemudian di bakar, sate lilit ini menggunakan daging ayam atau ikan yang sudah digiling kemudian di kepal pada batang serai. Daging yang digunakan untuk sate lilit ini, dicampur dengan kelapa parut yang membuat rasanya semakin gurih.

  1. Serombotan

Dari namanya saja sudah unik, cita rasanya juga tak kalah unik dan menggoda selera. Makanan khas Bali ini cocok untuk penyuka sayuran atau vegetarian. Makanan ini terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, telong bulat, tauge, pare, dan buncis. Setelahnya, sayuran tersebut akan diberi bumbu kalas yang dibuat dari berbagai rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan santan. Tidak hanya bumbu Kalas, di dalam Serombotan juga ditambahkan bumbu kacang yang akan membuat rasa dari makanan ini semakin unik dan lezat.

  1. Lawar
Baca juga :  Cegah Masuknya Barang Terlarang, Petugas Lapas Kelas III Gunung Tua Kanwil Kemenkumham Sumut Seluruh Barang Titipan Wajib Diperiksa

Satu lagi makanan khas Bali yang terbuat dari sayur-sayuran yaitu lawar. Lawar terbuat dari sayur-mayur seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa, lalu dicampur dengan bumbu khas Bali. Lawar sendiri memiliki berbagai macam lho, ada lawar kuwir (berisi daging entog), lawar ayam, dan lawar babi, semua tergantung dari isi lawar itu sendiri. Selain itu ada juga lawar yang terbagi berdasarkan warnanya, yaitu lawar putih dan lawar merah. Hidangan lawar ini tentu lebih enak dan nikmat apabila disantap bersama nasi putih, sate lilit dan jukut ares.

  1. Laklak

Laklak adalah serabi versi Bali yang cara memasaknya dengan menggunakan kendi tradisional di atas api yang besar, lalu ditutup hingga adonan mengembang. Teknik memasaknya yang unik dan ukurannya yang lebih kecil namun lebih tebal, menghasilkan kontras tekstur yang crispy di luar tapi lembut di dalam. Berbeda dengan serabi pada umumnya yang lebih lembek lalu disiram dengan kuah santan, laklak ditaburi dengan parutan kelapa dan sirup gula merah.

  1. Nasi Jinggo

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal dan tidak boleh dilewatkan tentunya adalah nasi jinggo. Menyerupai nasi kucing, namun kuliner satu ini rasanya lebih gurih dan sedikit pedas. Ini adalah makanan siap saji khas Bali yang dikemas daun pisang dengan porsi kecil. Dengan pembungkus daun pisang dan tampilan kerucut memanjang, nasi jinggo banyak disajikan bersama daging, mie, sambal goreng tempe, dan sambal. Tak jarang ada yang menambahkan sate lilit untuk porsi yang lebih lengkap.