Sekjen DPP HIMNI, Otoli Zebua (atas). Kolase

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Mendekati Minus hari ketiga (3), gawean yang berslogan Bersama Kita Bisa atau biasa disebut Himpunan Masyarakat Nias Indonesia  (HIMNI)  Jawa Barat (Jabar)  rencananya bakal melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-3 yang dihelat di Kawasan Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu 20 Nopember 2021.

Baca Juga : HIMNI Jawa Barat Menarik Bagi Para Politisi Nias Maupun Luar Nias

Terkait gelaran hal tersebut. Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat  (Sekjen DPP) HIMNI, Otoli Zebua menyatakan bahwa “Dari isu yang berkembang bahwa ada dua calon kandidat yang menyatakan secara terbuka keinginan untuk maju dalam pemilihan ketua DPD HIMNI JABAR. DPP HIMNI pada prinsipnya memberi apresiasi atas kesediaan yang dinyatakan lebih awal oleh dua kandidat yakni Yusman ziliwu yang sekarang petahana dan Yanuar Sabar Zebua yang saat ini sebagai bendahara DPD. Kedua calon ini bukan orang baru di HIMNI mereka telah membesarkan HIMNI di Jawa Barat, dan sudah memenuhi syarat sebagai calon ketua DPD,” jelasnya dalam pesan WA kepada redaksi nawacitapost.com, Rabu (17/11/2021).

“Adanya dinamika saling mendukung diantara DPC DPC HIMNI Se jabar itu hal yg wajar dan baik utk demokrasi, AD/ART sudah mengatur mekanisme pencalonan dan pemilihan ketua DPD,” tuturnya.

Lanjut Otoli yang baru pulang  tiga (3) hari lalu dari Mentawai dalam acara pelantikan HIMNI Sumbar dan 4 DPC se Sumbar. “Pengalaman selama ini setiap ada MUSCAB dan MUSDA ada banyak daerah yang pelaksanaan suksesi kepemimpinan dilakukan melalui pemilihan yang berujung voting karena calon lebih dari satu,” tandasnya.

Terkhusus Jabar,  empat (4) tahun  lalu memiliki tiga (3) orang calon. Yakni Yusman Ziliwu Vincen Zebua, dan Taosarao Sandoto.

Baca juga :  Ketua DPRD BN Holik Qodratullah Hadiri Grand Opening Pusat Oleh-oleh Kabupaten Bekasi

Yang terpilih pada saat itu, Yusman Ziliwu. Tetapi kedua calon yang ikut berkompetisi tetap mendukung kepemimpinan Yusman Ziliwu sebagai ketua DPD HIMNI JABAR terpilih dengan masuk sebagai pengurus dan aktif sampai saat ini. Tentu, hal ini kita harapkan kedepan siapapun yang menakhodai HIMNI jabar tetap solid dan mengedepankan persatuan dan kebersamaan HIMNI adalah rumah besar ONO NIHA, pungkas Otoli Zebua.