DPC Peradi Sibolga-Tapteng Kukuhkan PBH Peradi Sibolga-Tapteng Periode 2021-2024

0
137

Sibolga, NAWACITAPOST – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Sibolga-Tapanuli Tengah (Tapteng) yang diketuai oleh Mahmudin Harahap mengukuhkan Pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Sibolga-Tapteng periode 2021- 2024, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga : Peringati HUT FKPPI Ke-43, PC 0223 Sibolga Bagikan 10.000 Masker Gratis Kepada Masyarakat

Kegiatan dilaksanakan di warung Pondok Jogja, Jalan Meranti atau Jalan III, Nomor 33, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

Pengurus PBH Peradi Sibolga-Tapteng periode 2021-2024 yang dikukuhkan, yakni Ketua dijabat M Yusuf, Sekretaris PBH Peradi dipercayakan kepada Rahmad Dwi Brahmana. Sementara itu, Bendahara dipegang Berry Yusdi.

Pada kesempatan itu, Ketua PBH Peradi Sibolga-Tapteng M Yusuf dalam sambutannya mengatakan, selain menjunjung tinggi nilai profesionalisme, Peradi juga merupakan organisasi yang dihuni oleh insan-insan sosial yang senantiasa aktif memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini demi tegaknya hukum yang berkedaulatan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

“Nilai ini juga yang menjadi latar belakang Pusat Bantuan Hukum Peradi dibentuk. Yang pastinya sebagai aplikasi nilai semboyan “Walaupun langit runtuh, hukum tetap harus ditegakkan atau Fiat Justitia Ruat Collum,” tegas Yusuf.

Sambung Yusuf, kini kepengurusan Ketua PHB Peradi Sibolga-Tapteng telah dipercayakan kepada dirinya melanjutkan tongkat estapet organisasi dengan tidak menafikan segala hal yang telah dirintis dan dibangun oleh para pendahulu. Terutama, dalam mewujudkan makna inplementasi Advokat Sebagai Oppicium Nobile (profesi yang mulia).

“Kami sadar betul, bahwa tidak mudah bagi pengurus terdahulu merintis dan memulai berjalannya Pusat Bantuan Hukum ini dari Nol. Berbagai tantangan dan hambatan dilalui. Sudah barang tentu untuk melanjutkannya, kami harus berkordinasi dengan pengurus sebelumnya,” katanya.

Yusuf juga mengajak seluruh pengurus dan anggota PBH Peradi Sibolga-Tapteng khususnya, agar bersama bergandengan membangun soliditas Tim Kerja. Menyambut dengan hati, keluh dan kesah masyarakat miskin pencari keadilan.

Sementara itu, Sekretaris PBH DPC Peradi Sibolga- Tapteng Rahmad Dwi Brahmana menambahkan, dipercayakan sebagai Pengurus PBH, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin memberikan bantuan hukum pro bono kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum.

“Kita akan memberikan bantuan hukum pro bono secara maksimal kepada pencari keadilan yang tidak mampu,” ucap Rahmad.

Rahmad yang juga aktif sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) FKPPI PC 0223 Sibolga mengatakan, bantuan hukum pro bono yakni, memberikan bantuan hukum secara gratis bagi rakyat miskin yang membutuhkan akses hukum. Jika masyarakat Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah yang ingin membutuhkan bantuan hukum, dapat menghubungi Pengurus PBH Sibolga-Tapteng.

Pengurus BPH Peradi Sibolga-Tapteng yang dikukuhkan ini, mengantikan Pengurus PBH yang dipimpin Sanggam Tambunan. Sebab, masa jabatannya telah habis atau telah berakhir, yakni masa jabatan periode 2018- 2021.

(Freddy A Pardosi)