Terkait Pilkada Serentak 2024, Jenderal Christian Zebua : Ketua Umum HIMNI Marinus Gea Bagus Buat Terobosan Baru, Asal Sesuai Kepatutan 

0
534
Mayor Jenderal TNI (Purn) Christian Zebua

Jakarta, NAWACITAPOST – Putra Nias asli, yang berkiprah sebagai orang nomor satu di TNI AD untuk kawasan Bumi Cendrawasih, Papua, hingga saat masih dipegang Mayor Jenderal TNI (Purn) Christian Zebua sebagai Pangdam XVII/Cendrawasih 2012 – 2014 dengan tagline Ksatria Pelindung Rakyat.  Setelah pensiun dari militer. Diusung Nasdem dan beberapa partai politik, ikut Pilkada serentak tahun 2020 untuk Kabupaten Nias. Walaupun kalah, tetap semangat untuk  membangun kepulauan Nias terus menyala dan bergelora.

Baca Juga : Bupati Nias Selatan ke-4 Idealisman Dachi Sambut Baik Pernyataan Ketua Umum HIMNI Marinus Gea 

Bantu rakyat bukan bayar rakyat. Itulah yang dilakukan suami dari Deli Asnawati Mendrofa hingga saat ini, jelasnya.

Usai Pilkada serentak 2020, ayah dari Andani Zebua, Maranatha Zebua, dan Satria Zebua tetap berdiri tegak, dan menerima kekalahan secara legowo. Namun dengan memberi catatan. Banyak mahar politik terjadi, rakyat dibuai dan ditempel dengan 2 sampai 3 lembar uang bewarna merah. Itu pendidikan politik yang merusak jiwa dan hati nurani rakyat, tegas Chritian Zebua ketika dihubungi nawacitapost melalui sambungan telepon, Jumat (10/9/2021).

Maka hasilnya, kini para kepala daerah yang sudah terpilih dan menjabat sekarang, mungkin pusing bagaimana caranya mengembalikan hutang yang sudah ia pinjam ke pengusaha atau seseorang untuk biaya kampanyenya, tutur Staf Khusus Kasad 2014 yang kini menjadi pengusaha ikan Nila di Medan, Sumatera Utara.

Terkait itu, korupsi di daerah rusak mungkin terjadi saat Pilkada, peserta dan penyelenggara diduga turut serta juga. Hasilnya rakyat menjadi banyak yang miskin, dan pejabatnya kaya. Itu tidak sehat dan sangat membahayakan.

Kemudian, Christian Zebua memastikan seandainya dirinya menjabat Kepala Daerah, maka Kepala-kepala dinas diwajibkan menggunakan mobil standar, tender-tender proyek harus dilakukan secara profesional dan terbuka. Dan dijamin rakyat tidak akan miskin lagi, bebernya.

Tak lupa juga, Mayor Jenderal TNI (Punr) Christian Zebua  saat perbincangannya mengutip Amsal 29 ayat 2  Jika orang benar bertambah, bersukacitalah rakyat, tetapi jika orang fasik memerintah, berkeluhkesalah rakyat.”

Terkait dengan terobosan Ketua Umum HIMNI Marinus Gea yang mengajak dan memanggil kader-kader terbaik putra-putri daerah Kepulauan Nias untuk berkiprah sebagai kepala daerah di daerah Nias Pulau Impian denga  terobosan baru. Katakan menjaring kader terbaik diantara yang terbaik untuk didorong maju sebagai calon bupati atau calon walikota di daerah kepulauan Nias.

Untuk hal tersebut, bisa dari petahana atau  kader-kader baru yang terbaik. Berjiwa muda, energik, melek teknologi, blusukan, dan tanpa banyak kata dalam bekerja. Tetapi selalu berhasil dalam aksi, maka itulah yang dibutuhkan oleh rakyat Nias Pulau Impian.

Mayor Jenderal TNI (Purn) Christian Zebua menyatakan bahwa siapa saja punya hak calonkan diri. Justru  saya mendambakan calon yang berintegritas datang ke Nias untuk melayani bukan untuk mengambil dan tapi memberi kehidupannya demi mengangkat harkat orang Nias yang tertinggal, tuturnya dengan tegas

.