Food Estate Humbahas Solusi Dan Harapan Masyarakat Kedepan

0
352
Tim Pendamping Kelompok Tani Yang ditempatkan oleh Dirjen Hortikultura, Aidil (baju hitam) dan Solichun (baju kuning), L. Edward Batubara (baju putih), Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (27/4/2021).

Humbahas, NAWACITAPOST –  Panen besarnya kentang, bawang merah dan bawang putih, luasnya 215 hektar.  Itu hanya ada di Desa Ria – Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundatan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga : Panen Kentang Perdana Di Humbahas, Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan : Petani Dan Penjamin Harus Jelas 

PRESIDEN JOKOWI telah menetapkan Humbahas, Sumatera Utara sebagai Food Estate atau lumbung pangan nasional. Pencanangan dan penetapan ini bukan asal tunjuk saja, perlu kajian akademis dengan dampak-dampak postif dan negatifnya.

Baca Juga : Sesditjenhorti Hortikultura Retno Ke Nawacitapost : Lumbung Nasional Humbahas Berjalan Sesuai Rencana

Sudah panen perdana di awal 2021. Sehingga sudah dinikmati masyarakat setempat dan provinsi Sumatera Utara serta provinsi lainnya di Indonesia.

Untuk menjawab itu semua, Kepala Biro Kerjasama & Pengembangan Usaha, yang juga putra Humbahas, L. Edward Batubara,  Selasa 27 April 2021 berkunjung ke Food Estate Desa Ria-Ria.

Hamparan Food Estate Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, kabupaten Humbahas, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (27/4/2021)

Kedatangan tim  nawacitapost disambut dengan gembira dan tangan terbuka oleh Aidil dan Solikhun sebagai pendamping Kelompok Tani  dari Dirjen Hortikultura di Food Estate Desa Ria-Ria. Bukan itu saja, Aidil mengajak L. Edward Batubara dan Janson Siahaan untuk ke kawasan intinya  food estate, dengan menggunakan kendaraan dinas Food estate, sebab kendaraan Edward Batubara  tak memungkinkan untuk mencapai kawasan inti Food Estate, karena infrastruktur sedang licin (musim hujan).

Banyak hal yang dibicarakan antara nawacitapost dengan Aidil. Intinya, bahwa Food Estate yang ditetapkan Presiden Jokowi jangan sampai mangkrak?   Melainkan harus berkelanjutan. Sebab, harapan masyarakat setempat sangat antusias, dan berharap terhadap program lumbung pangan nasional.

Sebab, baru dicanangkan Food Estate di Humbahas, sudah ada kemajuan, seperti keterlibatan kementrian PUPR yang membuka akses jalan luas, sehingga bisa dilalui kendaraan cukup besar, dan menurut Aidil, nantinya jalan membelah hamparan Food Estate di  Humbahas bisa tembus ke Danau Toba.

Hal lainnya, Bantuan dari kementrian pertanian, berupa tanaman, pupuk, obat-obatan, dan penyuluhan serta anggaran perlu ditingkatkan.

Tak hanya itu, menurut Aidil, Pemerintah Kabupaten Humbahas pun siap membuat jalan setapak ke setiap lokasi di kawasan Food Estate yang ditanami tanaman unggulan.

Yang jelas dan pasti, Food Estate Humbahas, Sumatera Utara  bisa menjadi solusi dan harapan masyarakat ke depan.

(Liputan L. Edward Batubara dan Janson Siahaan)