Himbauan Walikota Solo Gibran Terkait Mudik Lebaran 2021

0
203
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu (28/3/2021). foto tangkapa layar berita surakarta

Jakarta, NAWACITAPOST –  Adanya kebijakan pemerintah pusat melarang mudik lebaran tahun 2021 karena masih adanya pandemi Covid 19 yang belum mereda. Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka bukan hanya sekedar kata saja, melainkan bukti yang dilakukannya. Yaitu dengan menyatakan setuju, dan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Baca Juga : Tinjau Flyover Purwosari, Gibran Ke DHL : Fasilitas Dan Perbaikan Segera di Selesaikan

Namun ayah dari Jan Ethes dan La Lembah Manah ini mengakui banyak masyarakat protes terkait larangan mudik Lebaran tersebut. Maka, dirinya meminta masyarakat bisa menahan diri agar kasus Covid-19 yang sudah membaik tidak kembali naik.

 

“Saya tahu mungkin banyak sekali warga yang protes kebijakan mudik ini. Saya mohon sekali lagi, tahun ini menahan diri dulu untuk tidak mudik,” ujar Gibran saat ditemui di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu (28/3/2021).

Kakak kandung dari Kaesang Pangerap dan Kahiyang Ayu mengaku tidak ingin kasus Covid-19 di Kota Solo yang sudah melandai kembali melonjak jika mudik Lebaran tetap diizinkan. Ia juga mengaku lelah jika harus menangani kasus corona mulai dari nol.

“Solo ini kan sudah zona hijau, zona merahnya sudah tidak ada, vaksinasinya sudah dikebut, anak-anak sekolah sudah siap masuk. Lha nanti kalau mudik, kita kan tidak tahu yang datang ke Solo itu keadaan kesehatannya seperti apa. Kita tidak pingin grafik yang sekarang landai, sudah membaik. Rumah sakit yang sudah kosong ini, kalau ada acara mudik, jadi seperti dulu lagi. Kita nggak pengen seperti itu,” tambah suami dari Selvi Ananda.

Kakak ipar dari Walikota Medan Bobby Nasution ini menegaskan, larangan mudik juga berlaku bagi semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solo. Terkait larangan mudik bagi ASN akan dibuatkan Surat Edaran (SE).

“Saya tekankan juga ya untuk PNS ya untuk tidak mudik dulu. Kita menahan dulu, biar kita itu cepat kembali dan pulih dari pandemi, itu saja kok. Jadi kita nggak ingin besok mudik, terus kita ngilangin lagi dari nol itu capek. Jadi kita harus menahan diri dulu,” tandasnya.

Untuk itu pihaknya akan menyiapkan kebijakan-kebijakan baru untuk menjaga agar Kota Solo tidak kembali masuk zona merah. “Mendekati puasa nanti akan saya buatin suratnya,” pungkasnya.