Diduga Cuaca Ekstrim (Suhu Panas) Bukit Panomboman Sibolga Terbakar

0
94
Keterangan Gambar: Mobil damkar bersama BPBD yang standby di lokasi kebakaran bukit Panomboman.

Sibolga, NAWACITAPOST – Bukit Panomboman yang berada di sekitar jalan Sibolga Narus Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara telah terbakar pada hari Minggu (21/2) sekira pukul 19.00 WIB. Kapolres Sibolga AKBP Triadi melalui Kasubag Humasy Iptu R Sormin S.Ag membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Main Judi Kim karena Kondisi Ekonomi, YS dijemput Polisi

Sormin menjelaskan bahwa menurut keterangan warga sekitar bahwa Sekira pkl 19.00 WIB terlihat kobaran api yang membakar perbukitan Panomboman Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara kota Sibolga. Selanjutnya pada pukul19.10 WIB, personil BPBD-DAMKAR turun ke lokasi kebakaran perbukitan Panomboman dengan mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran.

“Informasi awal kita peroleh dari masyarakat sekitar, lalu pihak kepolisian langsung terjun ke TKP bersamaan juga hadir Damkar dan BPBD. Namun upaya pemadaman api tersebut terkendala dikarenakan medan menuju perbukitan tersebut yang sulit dijangkau dan selang pemadam tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran dikarenakan lokasi kebakaran berjarak lebih kurang 700 meter dari jalan raya,” katanya.

Namun meskipun demikian, BPBD damkar dan pihak kepolisian tetap berupaya memadamkan apo dengan peralatan seadanya.

“Diduga penyebab kebakaran perbukitan Panomboman diakibatkan cuaca ekstrim suhu panas. Adapun dampak yang ditimbulkan dari kebakaran perbukitan Panomboman tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa. Situasi saat ini kobaran api sudah tampak mulai mengecil dan BPBD Kota Sibolga tetap melakukan standby di lokasi kebakaran perbukitan antisipasi kobaran api merembet perbukitan. Atas peristiwa ini, pihak kepolisian menghimnau kepada masyarakat saat ini musim kemarau agar tidak melakukan Pembakaran sampah sembarangan dan perhatikan bahwa api benar benar padam apabila ditinggalkan. Kemudian tidak Membuang puntung rokok yg masih menyala apinya.
Dan Tidak melakukan pembakaran sampah diperbukitan,” pungkasnya.

(Petrus Gulo)