Zona Integritas Kanwil KemenkumHAM Kalbar Menuju Bebas Korupsi Dan Birokrasi Bersih

0
179
Kanwil KemenkumHAM Kalabr (22/10/2020)

Pontianak, NAWACITAPOST – Tim Pembangunan Zona Integritas yang diselenggarakan Kementrian PANRB. Tujuannya menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat. Tim ini  melaksanakan Desk Evaluasi guna memaparkan upaya dan hasil pembangunan Zona Integritas yang telah dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar secara virtual menggunakan zoom meeting, Kamis (22/10/2020)).

Baca Juga : Direktur Pengawasan Dan Penindakan Keimigrasian Buka WPFK

TIM Penilai Nasional KemenPANRB Saviana Ariani dan Arif Tri Hariyanto menjadi tim penilai Kelas F. Dimana Kanwil Kemenkumham Kalbar berada. Sedangkan Neni Ayuni tim penilai internal  dari KemenkumHAM bertugas sebagai pendamping Kanwil Kemenkumham Kalbar. Desk Evaluasinya  dilaksanakan selama 60 menit. 20 menit pemaparan, 40 menitnya diskusi atau tanya jawab.

Webinar Zoom Meeting – Kanwil KemenkumHAM Kalabr (22/10/2020)

Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Kalbar, Pramella Y. Pasaribu selain sebagai pembicara juga Penanggung Jawab, dengan didampingi seluruh anggota Tim Pembangunan ZI Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Webinar Zoom Meeting – Kanwil KemenkumHAM Kalabr (22/10/2020) menerapkan prokes secara ketat

Pramella menyampaikan sasarannya dalam setiap area perubahan pembangunan zona integritas. Perlunya manajemen perubahan, yaitu meningkatnya komitmen seluruh jajaran pimpinan juga  pegawai di unit kerja,  kemudian terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada unit kerja, dan menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.

Webinar Zoom Meeting – Kanwil KemenkumHAM Kalabr (22/10/2020) menerapkan Prokes secara ketat

Penataan tatalaksana adalah meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan di unit kerja, meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan di unit kerja, serta meningkatnya kinerja di unit kerja.

Webinar Zoom Meeting – Kanwil KemenkumHAM Kalbar (22/10/2020) Menerapkan Prokes secara ketat

Penataan sistem manajemen SDM adalah meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM, meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM, meningkatnya disiplin SDM, meningkatnya efektivitas manajemen SDM, meningkatnya profesionalisme SDM, akuntabilitas, meningkatnya kinerja instansi pemerintah, meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintah.

Kanwil KemenkumHAM Kalbar (22/10/2020) Menerapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Dalam hal pengawasan; Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara, meningkatnya efektivitas pengelolaan keuangan negara, dan menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang.
Untuk pelayanan publik  harus meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau.  Serta meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standardisasi pelayanan internasional pada instansi pemerintah. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Webinar Zoom Meeting – Kanwil KemenkumHAM Kalbar (22/10/2020) Menerapkan Protokol kesehatan Secara Ketat

Penyampaian yang dipaparkannya seperti identifikasi dan mitigasi risiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan yaitu : Penempatan Pejabat Struktural, Penerimaan CASN, Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, dan Pemindahan bandar narkoba ke Nusakambangan.

Kemudian enam inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas untuk mencegah KKN yang disampaikan Kakanwil adalah : Strategic Information System (SIS), Web Launcher Android, E-Pimon, Portal Data Keimigrasian, SiKofid, dan SiAmora.