Inspektorat Nias Barat Dalam Menangani Masalah Dan Temuan BPK RI

0
104

Nias Barat,Nawacitapost.com– Seiring dengan berbagai keluhan, sorotan dan harapan masyarakat menyangkut penanganan masalah aduan juga hasil temuan BPK RI, cara tindaklanjut yang ditempuh Inspektorat Kabupaten Nias Barat melalui langkah-langkah persuasif.

Hal ini dikatakan Plt. Inspektur Kabupaten Nias Barat Turuna Gulo, kepada tim reporter nawacitapost.com akhir-akhir ini diruang kerjanya di Onolimbu, Lahomi.

“Seperti yang selama ini sudah berjalan bahwa dalam penanganan masalah aduan juga cara menindaklanjuti hasil temuan BPK RI, kami lakukan langkah-langkah persuasif. Cara itu dulu masih kita ikuti dan terapkan”, ujarnya.

BACA JUGA : DPRD Kab Blitar Terima Kunjungan Kerja Dari Daerah Lain Ditengah Pandemi Covid – 19,Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Turuna menyampaikan, bila langkah-langkah dan cara tersebut masih tidak dihiraukan oleh pihak yang bermasalah akan ditingkatkan/diteruskan  ke  Majelis TPGR.

“Kalau oknum yang bermasalah itu tidak bisa penuhi maka proses selanjutnya kita bawa di sidang Majelis TPGR lagi”, ungkap mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias Barat ini tanpa menjelaskan mendetail berapa kalikah majelis TPGR Nias Barat bersidang dalam memutuskan masalah dalam 1 (satu)  tahun anggaran.

Lanjutnya “Kalau menyangkut jumlah kerugian daerah juga nominal yang sudah dikembalikan,  itu yang lebih tahu pihak Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) karena satmikalnya secara teknis mereka. Jadi pihak BPKPAD yang lebih mengetahui tentang itu”.

Tambahnya, “Sepanjang kita tidak punya bukti lengkap/autentik, kita tidak bisa menarik kesimpulan jadi hasil pemeriksaan BPK RI itu nanti yang finalnya”, ujarnya. (Yr H).