PT. Indah Kiat Pulp and Paper Products (IKPP) Perawang, Mempekerjakan Tenaga Luar Riau untuk Stop Mesin/Machine Shutdown

0
1414

Siak, Nawacitapost.com – Perusahaan sebaiknya melakukan beberapa kebijakan kepada karyawannya, Salah satunya mematuhi maklumat pemerintah dan Kapolri dalam situasi pandemi Covid -19, Masyarakat di belahan dunia mana pun tengah was-was dan terus melakukan upaya pencegahan atas wabah virus corona yang makin mencekam walaupun saat ini ada beberapa daerah memberlakukan New Normal dalam situasi Covid-19.

Atas informasi dari beberapa karyawan yang tidak mau di sebut namanya kepada awak media Nawacitapost bahwa Pihak Pt.Indah kiat Pulp and Paper Products (IKPP ) Perawang, Kabupaten Siak – Riau, memperkerjakan Kurang lebih 3000 orang yang di datangkan dari Luar Perawang Kabupaten Siak – Provinsi Riau untuk pekerjaan Stop Mesin (Machine Shutdown) yang akan Di mulai awal petergahan bulan juli 2020,jenis Pekerjaan :
1. Modifikasi Pipa
2. Perbaikan Mesin yang Rusak
3. Schedule penggantian spare part mesin yg life time / habis masa kegunaanya.
4. Penambahan line pipa baru
5. Cleaning Machine / bersihkan mesin
6. Preventife.

Saat mendapatkan informasih tersebut awak media nawacitapost konfirmasi kebenaran tentang Rekrut orang yang di datangkan dari luar perawang kabupaten Siak, Provisni Riau untuk Pekerjaan Stop Mesin,(Machine Shutdown), melalui Humas PT.IKPP Perawang Mill, ARMADI,SE di Ruang kerjanya Senin(06/7/2020).

Humas PT.IKPP PERAWANG, ARMADI,SE.

ARMADI,SE Mengatakan “Benar,namun tidak mencampai 3000 orang yang dari luar,dari perawang ini tetap Rekrut, ini merupakan Pekerjaan yang seharusnya Rutin Di laksanakan tiap tahun,kata Armadi.

Orang yang di Rekrut melalui mitra kerja PT.IKPP Perawang Mill ada beberapa PT, sebagai pemenang tender sebagai mitra kerja perusahaan PT.IKPP perawang Mill.

Pihak perusahaan PT.IKPP perawang telah menegaskan kepada mitra kerja agar orang yang datang dari Luar harus memiliki surat Rapid test,mematuhi protokol kesehatan, memakai masker,atur jarak,tutur Armadi.

Sejak diberlakukan Pembatasan Sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Siak Pihak PT.IKPP Perawang Mill,telah mengeluarkan maklumat bagi karyawan dan kontraktor agar mematuhi Protokol kesehatan Covid -19, melarang para karyawannya untuk bepergian ke luar perawang. ucap Armadi

lebih lanjut perusahaan tetap memantau pekerjaan dengan ketat terus melakukan pemantauan bagi karyawan dan kontraktor dan perusahaan telah mengkaji kebijakan-kebijakan baru demi kesehatan para pekerjanya.

apabila karyawan dan kontraktor di ketahui memiliki gejala berupa batuk dan sesak napas, ada baiknya untuk segera merekomendasikan karyawan dan kontraktor tersebut melakukan pemeriksaan Rapid test kesehatan di klinik yang telah di sediakan oleh perusahaan,jelas Armadi.

BACA JUGA : Pemerintah Perlu Perhatikan UMKM, Terkait Pemulihan Ekonomi Daerah

Ketua Tim Gugus tugas Covid -19 Kecamatan Tualang,Sekaligus Camat Tualang Zalik Efendi,S.Sos yang di dampingin oleh Sekertaris Kecamatan Tualang,( Sekcam ) Ari Darmawan,Sip. ketika di konfirmasi oleh Nawaitapost.com,di ruang kerjanya,Senin,(06-07-2020) menyampaikan “Rekrut yang di datangkan pekerja di luar daerah perawang benar. Saya mendapat informasi,namun belum ada mitra kerja perusahaan PT.IKPP Perawang Mill yang melaporkan rekrutmen Pekerja tersebut ke Saya atau saya sebagai ketua Tim Gugus yang telah di percayakan oleh pemerintah, mungkin pihak perusahaan telah melaporkan Ke disnaker kabupaten Siak, saya sebagai ketua gugus covid -19,tetap menegaskan agar pihak perusahaan mematuhi Peraturan Atau Maklumat Pemerintah tentang pemutusan rantai covid -19, walaupun di daerah kita di kabupaten siak sudah di berlalukan new normal,namun kita tetap mengikuti Protap kesehatan, tutur Zalik.

Saya berulang – ulang kali menghimbau kepada pihak perusahaan dan masyarakat ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama untuk senantiasa mencegah atau memutuskan mata rantai virus corona (Covid-19) yang saat ini merebak di beberapa daerah, khususnya di wilayah kecamatan tualang,” jelasnya.

lanjutnya, tetap melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat,pihak perusahaan dan pengguna jalan Raya agar selalu menggunakan masker saat berkendara maupun saat tengah beraktivitas diluar rumah.

BACA JUGA : Tingkatkan Koordinasi Hadapi Puncak Kemarau Panjang, Bupati Alfedri Hadiri Rakor Karhutla Provinsi Riau

“Kita juga tetap mengingatkan masyarakat untuk senantiasa rutin mencuci tangan dan mengikuti anjuran kesehatan sesuai protokol dari Pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini,” pungkasnya,

Sokhiaro Halawa, (Nawacitapost.com, Kabupaten Siak)