Diprediksi Lawan Terkuat Hilarius Duha pada Pilkada 2020, Apa Pandangan Masyarakat Nisel terhadap Kompol Martin Luther Dachi, S.Sos?

0
2915

Telukdalam, Nawacitapost – sosok Kompol Martin Luther Dachi, S.sos yang juga Wakil Kapolres Nias Selatan Tengah ramai diperbincangkan di Nias Selatan dalam kurun waktu seminggu terakhir. Di hampir setiap diskusi baik di grup medsos maupun di warung kopi masyarakat seolah jadi semangat kembali membahas calon-calon kepala daerah yang akan berlaga pada perhelatan Pilkada Nias Selatan 2020 Desember mendatang, sehingga sejenak isu corona/covid-19 dan tenggelamnya kapal di Nias Selatan pun seolah terlupakan sejenak dengan kemunculan Martin Luther dachi yang ternyata mencuri perhatian masyarakat Nias Selatan.

Baca Juga : Sidang Perdana Gugatan Sudirman vs Mayjen (Purn) Christian Zebua, digelar

Bukan tidak berdasar Kenapa anomali Pilkada 2020 di Kabupaten Nias Selatan kembali menghangat dan bahkan memanas menjelang ditutupnya pendaftaran calon kepala daerah pada bulan September 2020 mendatang sosok Martin Luther Dachi merupakan satu sosok yang tidak pernah disangka sebelumnya akan muncul menjadi calon kepala daerah di Nias Selatan.
Ini tidak terlepas dari keputusan pemerintah yang memperpanjang pendaftaran kepala daerah dari Juni 2020 menjadi September 2020 akibat covid 19 yang melanda tanah air.

“Tuha Ilawa Niha” demikian nama gelar bangsawan Martin Luther Dachi memiliki track record yang baik selama menjadi seorang polisi Luther juga memiliki reputasi yang cukup baik di tengah-tengah masyarakat di mana dia berada.
Sebagai Putra Nias Selatan kelahiran hilisimaetano Luther tidak membatasi diri dalam pergaulan bergaul dengan siapa saja dan tidak memilih-milih teman.

Menarik Kemudian untuk mengetahui apa saja tanggapan masyarakat terhadap sosok Martin Luther Dachi yang digadang-gadang menjadi lawan terkuat hilarius duha.

Baca Juga : Waspada, Pasca Corona Peta Politik Pilkada 2020 Turut Berubah di Kepulauan Nias

1.Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, M.Si (Ephorus BNKP) ” Pak Martin Luther Dachi merupakan sosok yang sangat sederhana merakyat dan sudah berbuat di tengah-tengah Masyarakat. Khususnya di hilisimaetano keluarga besar mereka sangatlah berpengaruh, luther Tidak segan untuk menolong sesama dan sangat terpanggil untuk pelayanan khususnya terlibat dalam pembangunan gereja bnkp di hilisimaetano dan gereja lainnya di Nias Selatan”

2. Pdt. Dr. Foluaha Bidaya, M. Div, MTh,
Mantan Ephorus BKPN, Ketua DPD MUKI Kab.Nias Selatan.” Saya kenal Baik Pak Martin Luther Dachi, dia belum ada cacatnya dimasyarakat demikian juga keluarganya saya menghormati mereka karena perilaku dan kesederhanaan mereka, berjiwa sosial dan baik”

3. Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,M.Min (Pendeta Jemaat BNKP Yohanes, Sekaligus Ketua Umum PGI Kab. Nias Selatan) ” Martin Luther Dachi seorang sosok yang cocok jadi pemimpin sangat rendah hati, berjiwa sosial juga pelayan Tuhan dan setia kawan ”

4. Pdt. Steven Tanjung, M. Th. (DS/Pimpinan Gereja Methodis Indonesia Nias Selatan) “Pak Martin Luther Dachi, sangat peduli terhadap kegiatan gerejawi atau keagamaan yang ada di kabupaten Nias Selatan”

5. Turunan Gulo (Mantan KPU Sumut) ” Martin Luther Dachi Saya kenal cukup baik beliau bukan orang yang suka pamer fokus pada tugas dan berwibawa”

6. Dr. Hilarius Duha, SH.,MH (Bupati Nias Selatan) ” Pak Martin Luther Dachi seorang polisi yang profesional tidak neko-neko dan tidak banyak bicara meski keluarganya hebat namun tidak sombong”

Terlihat memang dari pendapat beberapa tokoh dan masyarakat tersebut di atas secara umum Luther Dachi dipandang sebagai sosok yang baik rendah hati dan berjiwa sosial yang tinggi.

Oleh karena wajar saja bila kemudian masyarakat ramai membicarakan sosok Luther Dachi menarik Kita tunggu gebrakan selanjutnya terlebih mengingat saat ini waktu untuk mempersiapkan diri sangatlah singkat hanya sekitar dua bulan saja untuk mendapatkan partai membentuk tim dan mempersiapkan strategi pemenangan. (ST)