Waspada, Pasca Corona Peta Politik Pilkada 2020 Turut Berubah di Kepulauan Nias

9
782
Illustrasi Pilkada 2020

Telukdalam, Nawacitapost.com – Covid-19 telah merubah banyak hal di dunia termasuk di Indonesia dan khususnya di Nias Selatan.

Masuknya covid 19 di Kepulauan Nias dalam satu minggu terakhir ini patut diwaspadai oleh semua pihak dan semua pihak harus bahu-membahu bekerja bersama-sama mencegah penyebaran covid-19 ini. Tentu dalam hal ini Pemerintah Kota dan pemerintah daerah menjadi Garda terdepan dalam melaksanakan sosialisasi protokoler hidup sehat mencegah covid-19. Bahkan bila perlu di Kepni dapat mengajukan PSBB.

Covid-19 ini juga ternyata dapat merubah peta perpolitikan khususnya dalam ajang pemilihan kepala daerah pada tahun 2020, seperti diketahui bersama keputusan KPU yang awalnya telah menetapkan pendaftaran calon kepala daerah pada 16 – 18 Juni 2020 turut berubah sehubungan dengan keputusan pemerintah yang menetapkan Pilkada 2020 dilaksanakan tepatnya pada bulan Desember yang akan datang. Sehingga pendaftaran calon kepala daerah juga berubah menjadi 4 – 6 September 2020.

Perubahan ini bisa merubah peta kekuatan ujar AD salah seorang Pemerhati Politik di Kepni, seperti kita ketahui lobi-lobi calon bupati dan wakil bupati masih akan terus berjalan sampai dengan Agustus bahkan awal September yang akan datang.

Menarik untuk dilihat Pilkada di Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara. Sebelum corona beberapa calon kepala daerah telah terang-terangan menyatakan akan maju secara all out untuk bisa terpilih pada pemilu tahun 2020 namun begitu masuknya Corona dan pemerintah merubah pelaksanaan jadwal pendaftaran calon kepala daerah dan juga jadwal pemilihan kepala daerah, perlahan mereka juga seolah-olah seperti mundur teratur, mungkin sebagian berpikir dengan singkatnya masa jabatan yang akan dijalani nanti tentu tidak menguntungkan bila dibandingkan dengan biaya logistik yang harus dikeluarkan dalam rangka memenangkan Pilkada tahun 2020.

Di kota Gunungsitoli pasangan Laso masih menjadi kandidat paling kuat dan Sampai dengan saat ini belum ada yang terang-terangan melawan, di Nias Utara kemungkinan akan ada tiga pasang, petahana masih memiliki kans namun dipastikan akan mendapat perlawanan yang kuat dari inisial Mr long. Pasangan berikutnya masih harus berjuang ekstra ketat untuk mengambil hati masyarakat Nias Utara, Kabupaten Nias akan sangat seru mengingat petahana berakhir masa jabatannya setelah dua periode memimpin Kabupaten Nias sehingga kontestan saat ini Sangat terbuka, untuk saat ini beberapa kandidat yang muncul namanya dan mendapatkan perhatian serius di masyarakat adalah Yaatulo Gulo, Christian Zebua. Kabupaten Nias Barat kemungkinan mengerucut pada dua pasangan mengingat sampai saat ini basis dukungan PDI Perjuangan kepada petahana belum dipastikan 100% akan diperoleh sementara Eli Yunus waruwu dan Khenoki akan bersaing ketat, Lalu bagaimana dengan Kabupaten Nias Selatan berbeda dengan kabupaten dan kota lainnya di Kepulauan Nias Kabupaten Nias Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di antara kabupaten dan kota sekepni, memiliki keunikan tersendiri. Saat ini ini beberapa kandidat yang sudah muncul diantaranya adalah Idealisman dachi Sang Mantan, Sozanolo Ndruru, Monasduk Duha, Ranto Dachi dan tentunya petahana Bupati Hillarius Duha.

Meskipun para kandidat tersebut sudah dinyatakan oleh timsesnya akan maju namun tidak menutup kemungkinan munculnya kandidat baru di Kabupaten Nias Selatan, dari pantauan nawacitapost berdasarkan perbincangan dan informasi dengan beberapa komunitas masyarakat Nias Selatan baik yang ada di Kepulauan Nias khususnya Nias Selatan dan juga yang ada di daerah perantauan khususnya Jabodetabek beberapa kandidat-kandidat kepala daerah yang dianggap mampu bertarung dan dapat menang diantaranya nya :
1. Kompol Marthin Luther Dachi (Wakapolres Nias Selatan)
2. Ir. Bazatogu Hia (Penģusaha)
3. Talabu Laia (Pengusaha)
4. Victor Zagoto (Hakim Tinggi)
5. Sabarudin Hulu (Ombudsman)
6. Beesokhi Ndruru (Ketua Umum Ono Ndruru)

Setiap yang mengusulkan nama-nama tersebut memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu yang khusus sehingga yakin bahwasanya nama-nama di atas bisa memenangkan pertarungan politik sekiranya mereka maju.

Martin Luther Dachi misalnya seorang polisi yang jujur, berjiwa sosial seorang majelis di BNKP, low profile dan dan memiliki integritas yang cukup baik. Terlebih pastinya akan di dukung oleh saudaranya yang juga merupakan seorang jenderal, yakni Brigjen Pol bahagia Dachi sehingga masyarakat menilai Martin Luther akan mampu membawa Nias selatan ke arah yang lebih baik serta mendapat dukungan yang cukup kuat baik dari lapisan masyarakat maupun dari tokoh-tokoh Nias Selatan lainnya, Ir. Bazatogu masih diharapkan oleh khususnya masyarakat Gomo kampung halamannya pertimbangannya adalah memiliki track record yg baik, pengusaha, dan pernah dikenal saat mengikuti pileg 2014 lalu. Talabu Laia juga dikenal sebagai pengusaha yg telah banyak berbuat bagi masy kep nias di Pekanbaru, Victor Zagoto dikenal sebagai seorang Hakim tinggi yang idealis dan tegas memiliki basis dukungan yang cukup kuat di Teluk Dalam dan cukup mengenal birokrasi dengan baik, Sabarudin Hulu seseorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, berprestasi saat ini ketua ombudsman jawa tengah, Bee Ndruru dikenal sebagai sekjend Fornisel, Ketua umum Ono Ndruru seorang Manager yang memiliki jiwa sosial dan menolong sesama, aktif berorganisasi serta memiliki hubungan yang baik dengan tokoh-tokoh masyarakat Kepulauan Nias. Munculnya para kandidat baru dinias selatan masing-masing punya background yang baik untuk memajukan masyarakat nias khususnya di nias selatan.

Menarik Kita tunggu Apakah nama-nama tersebut di atas akan maju ? lalu melalui jalur apa? mengingat informasi terakhir partai-partai sudah menyerahkan dukungan meskipun belum mengumumkannya.

Semua ada plus minusnya namun yang perlu masyarakat perhatikan adalah track record dan juga visi yang cukup jelas kedepan dalam bangun Kabupaten Nias Selatan (SK)

Comments are closed.