Kades Lolozaria: Pembagian BLT – DD Di Sesuaikan Regulasi

2
365
Kepala Desa Lolozaria, Kersmis Sarumaha

Nias Selatan,Nawacitapost.com – Kepala Desa (Kades) Lolozaria Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan ( Nisel), Kersmis Sarumaha memastikan seluruh warganya yang berdampak Virus Corona (Covid-19) akan terdata sebagai calon Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) TA. 2020.

Hal ini disampaikan kepada Media saat disambangi di kantornya di Desa Lolozaria Kecamatan Amandraya, didampingi oleh Sekretaris Desa (Sekdes), Eliaki Nduru, dan Kasi Perintahan Serafhati Ndruru, dan Kaur Tata Usaha dan Umum Otahogo Ndruru, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga : Seorang ASN Melakukan Penganiayaan Terhadap Warga

Kepala Desa, Kersmis Sarumaha menjelaskan bahwa untuk Dana BLT yang bersumber dari DD ini tidak diberikan kepada PNS dan aparat Desa serta tenaga honorer yang telah mendapatkan pendapatan yang tetap dari pemerintah, Ucap Sarumaha!

” Juga kepada warga sebagai penerima PKH dan BPNT”, Tutur Sarumaha!

Ia menyebutkan bahwa jumlah warganya di Desa Lolozaria yang menerima PKH sebanyak 25 orang, BPNT sejumlah 39 orang, tentu sesuai regulasi yang ada bagi warga yang telah terdaftar sebagai bantuan tersebut tidak dapat lagi menerima BLT ini, Sebut Sarumaha!

Kersmis Sarumaha memastikan bahwa ada 46 Kepala Keluarga lagi warganya yang belum menerima bansos dari pemerintah, namun pihaknya telah mendata mereka sebagai calon penerima BLT dana desa, dan ini hanya warga yang ada didesa, kalau warga saya berada di seberang, pihaknya tidak mendata, Pungkas Sarumaha!

Baca Juga : Kebangkitan Nasional dan Mimpi Besar Reformasi

Namun, Kades menjelaskan bahwa dari 46 KK yang telah kita data bisa saja kedepan berkurang, apabila warga tersebut terdaftar juga sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), karena bansos ini tidak bisa double, Ucap Sarumaha!

Untuk pembagian BLT itu, pihaknya menunggu pengesahan P- APBDes bersama BPD dan Pemerintah Desa Lolozaria seusai turun hasil evaluasi dari pihak kecamatan, kemudian diserahkan di DPMD, Jelasnya!

Baca Juga : Dandim 0808/Blintar Berangkatkan Tim Distribusi Bantuan Kepada Masyarakat

Sebab tahap I telah dialokasi difisik untuk rehab total balai desa, tentu baru nanti kita bagikan BLT tersebut setelah turun tahap ke II, jelasnya!

Reporter : Riswan Gowasa (Nawacitapost.com,Nias Selatan)
Editor : Sisca Te

Comments are closed.