Di Awal Ramadan, Ganjar Pranowo Terapkan Pembayaran Zakat Fitrah dan Zakat Maal

Nawacitapost-  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akan menerapkan pembayaran zakat fitrah dan zakat maal di awal bulan Ramadan 1441 Hijriah, menyusul pandemi virus corona (Covid-19).

Keputusan tersebut diambil setelah Pemprov Jateng melakukan rapat koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menyikapi surat edaran Kementerian Agama tentang kegiatan Ramadan dan Idul Fitri selama pandemi virus corona.

“Nanti insyaallah yang beragama Islam akan kami buatkan surat edaran agar zakat fitrah dan zakat maal bisa (bayar) di depan”, kata Ganjar, di kantornya, Selasa (7/4).

Ganjar mengatakan pembayaran zakat fitrah dan zakat maal di awal Ramadhan dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan karena kondisi ekonomi yang sulit di tengah wabah virus corona.

“Akan kami dorong semua untuk penanganan Covid-19 sehingga ini akan bisa membantu kondisi masyarakat yang sulit ekonomi di masa corona ini”, ujarnya.

Ganjar mengaku pihaknya juga akan menyosialisasikan peniadaan salat Tarawih dan salat Idul Fitri di masjid jika wabah virus corona masih berlarut. Meski demikian, ia tetap mengizinkan kegiatan tadarusan di masjid selama Ramadan.

Baca Juga : Masyarakat Nias Utara Status Waspada, Pemerintah Masih Tahap Order APD dan Alkes

“Diharapkan juga untuk tidak melakukan kegiatan seperti takbir keliling, terus kemudian pesantren kilat ini sementara ditiadakan dulu, ini yang dari Kemenag surat edarannya,” katanya.

“Terus ada ulama dan kiai yang tanya, kalau tadarusan di masjid bagaimana pak gub? Kalau tadarusan boleh kali ya karena itu kan rohnya,” ujar Ganjar melanjutkan.

 

 

 

Baca juga :  Kadivpas Kemenkumham Jabar Melaksanakan Tarawih Keliling Forkopimda

Comments are closed.