Masyarakat Nias Utara Status Waspada, Pemerintah Masih Tahap Order APD dan Alkes

1
266
Masyarakat Nias Utara Status Waspada, Pemerintah Masih Tahap Order APD dan Alkes

Nias Utara,Nawacitapost- Sudah memasuki bulan keempat tahun 2020, wabah Corona Virus Disease (covid-19) yang sudah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di seluruh dunia, pemerintah Nias Utara masih berada dalam tahap pemesanan Alat Pelindung Diri (APD) dan alkes.

Juru bicara pada penanganan covid-19, Ya’adil Telaumbanua saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media di ruang pertemuan, Selasa (7/4/20). Dihadapan awak media dijelaskan bahwa masyarakat Nias Utara hingga saat ini masih status waspada dan belum tanggap darurat, sehingga upaya pemerintah saat ini masih dalam upaya pemesanan alkes seperti APD dan obat2an, termasuk masker.

Baca Juga : Pemkab Siak Salurkan Bantuan Tahap II Sebanyak 587 Paket Sembako Untuk ODP di Kabupaten Siak

“Saat ini sebagian pesanan sudah datang diantaranya alat semprot, polytank, dan ember untuk disalurkan ditempat-tempat seperti pasar/pekan, dan juga infra red.Sehubungan dengan pengawasan harga sembako di pasaran, Bupati sudah menginstruksikan kepada Diskoperindag untuk melakukan pengawasan, “kata Ya’adil.

“Mengenai pemberian obat berupa vitamin kepada masyarakat, kita belum bisa melakukan pemberian obat secara massal, namun kita sudah menghimbau kepada seluruh puskesmas agar selalu melakukan pengawasan kepada masyarakat yang baru datang, dan menganani masyarakat yang memiliki gejala penyakit seperti demam, sesak nafas, batuk, agar segera ditangani secara serius,”terangnya.

Dari hasil pemantauan awak media kepada masyarakat Nias Utara, hingga saat ini belum ada tindakan pemerintah untuk mengatasi keseimbangan kebutuhan pokok masyarakat Nias Utara, seperti penyaluran bantuan dalam bentuk pembagian sembako seperti yang dilakukan di daerah- daerah lain, kendatipun anggaran yang tersedia sebesar Rp 3,5 miliar.

Reporter : Romel Zega

 

Comments are closed.